Satgas Sebut 76 Kabupaten/Kota Masuk Zona Merah Covid-19, Berikut Sebarannya

Rabu, 30 Desember 2020 - 10:42 WIB
loading...
Satgas Sebut 76 Kabupaten/Kota Masuk Zona Merah Covid-19, Berikut Sebarannya
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melaporkan hingga saat ini 76 wilayah masuk zona risiko tinggi atau zona merah Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melaporkan hingga saat ini zona risiko tinggi atau zona merah Covid-19 masih tinggi. Dimana pada pecan ini sebanyak 76 kabupaten/kota masuk zona merah atau risiko tinggi. Bahkan jumlah ini lebih tinggi dari pekan kemarin hanya 60 kabupaten/kota.

“Pada minggu ini terjadi peningkatan yang cukup tinggi pada zona risiko tinggi. Jika pada minggu sebelumnya (zona merah) terdapat 60 kabupaten/kota, pada minggu ini angkanya bertambah menjadi 76 kabupaten/kota,” ungkap Wiku dikutip dari laman covid19.go.id, Rabu (30/12/2020). (Baca juga: Pemerintah Siapkan 104 Hotel untuk Karantina WNI dan WNA dari Luar Negeri)

Meskipun daerah zona oranye atau risiko sedang menurun, dari 378 pekan lalu menjadi 377 pekan ini, yang masih disayangkan ialah pada zona kuning atau risiko rendah jumlahnya berkurang. Dari minggu sebelumnya 64, pekan ini menjadi 48 kabupaten/kota. Lalu pada daerah zona hijau tidak ada kasus baru dan tidak terdampak jumlahnya tetap yaitu masing-masing 8 daerah. (Baca juga: Komisi IX Minta Pemerintah Tambah Faskes Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19)

Selain itu, daerah zona hijau tidak ada perubahan jumlahnya, namun Wiku meminta meningkatnya zona merah perlu menjadi bahan evaluasi untuk masing-masing daerah. Karena jika dilihat sejak Minggu pertama November, angka cenderung meningkat. Hal ini selaras dengan peningkatan kasus aktif, kasus positif dan kasus meninggal.

Satgas Sebut 76 Kabupaten/Kota Masuk Zona Merah Covid-19, Berikut Sebarannya


Melihat lebih rinci pada awal November, jumlah zona merah hanya berjumlah 19 dari 314 kabupaten/kota. Namun pekan ini angkanya meningkat drastis menjadi 76 kabupaten/kota.“Ini menandakan risiko penularan di tingkat kabupaten/kota mengalami perkembangan ke arah yang tidak baik. Mohon perbaiki zona daerahnya dengan cara meningkatkan disiplin protokol kesehatan,” tegas Wiku.

Berikut sebaran 76 kabupaten/kota yang berada di zona merah Covid-19:

Sumatera Utara:

1. Kota Medan

Sumatera Selatan:
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)