Pelecehan Lagu Indonesia Raya, MPR Minta Pemerintah RI Kirim Nota Protes ke Malaysia

Selasa, 29 Desember 2020 - 14:18 WIB
loading...
Pelecehan Lagu Indonesia Raya, MPR Minta Pemerintah RI Kirim Nota Protes ke Malaysia
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam keras penghinaan dan pelecehan lagu Indonesia Raya di akun YouTube My Asean yang diduga berasal dari Malaysia. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam keras penghinaan dan pelecehan lagu Indonesia Raya di akun YouTube My Asean yang diduga berasal dari Malaysia. Menurutnya, perbuatan penghinaan terhadap lagu kebangsaan suatu negara merupakan tindak pidana terhadap kehormatan negara.

Pihaknya juga meminta pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemlu), mengirimkan nota diplomatik yang berisikan protes kepada pemerintah Malaysia, dan bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan penyidikan dan koordinasi dengan pemerintah Malaysia terkait pengusutan dan investigasi kasus tersebut, agar segera diketahui pelakunya. Dengan begitu, jika terbukti melakukan pelanggaran dapat segera dilakukan tindakan tegas oleh pemerintah Malaysia.

"Saya juga mendorong pemerintah Indonesia dan media-media di Indonesia menyampaikan pemberitaan yang berisikan update terkait hal tersebut dengan tidak memprovokasi pembaca atau masyarakat. Diharapkan juga masyarakat tidak mudah terprovokasi dan terpancing emosi oleh kejadian tersebut yang berpotensi dapat merusak kerja sama dan hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia," katanya, Selasa (29/12/2020). ( )

Dikatakan Bamsoet, pemerintah Indonesia dan Malaysia dapat segera menyelesaikan kasus tersebut secepatnya, serta berkomitmen dan memastikan agar kasus serupa tidak akan terjadi lagi pada masa mendatang, sehingga kerja sama dan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Malaysia dapat tetap terjalin dengan baik.

Sebelumnya, Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta telah memberikan pernyataan pers dan memberikan perhatian khusus atas video penghinaan terhadap Indonesia yang diunggah oleh pihak yang mengaku berasal dari Malaysia.

Melalui Laman Facebook Kedubes Malaysia di Jakarta, Otoritas Malaysia sedang melakukan investigasi atas persoalan yang bisa mengganggu hubungan baik kedua negara tersebut.

"Jika benar bahwa konten tersebut diunggah oleh warga Malaysia maka langkah tegas akan diambil oleh Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," bunyi sikap resmi Kedubes Malaysia di Jakarta dikutip, Minggu (27/12/2020). ( )

Dalam pernyataannya, Pemerintah Malaysia mengutuk keras segala bentuk provokasi negatif dengan niat untuk mempengaruhi hubungan bilateral kedua negara yang selama ini terjalin sangat dekat antara Pemerintah Malaysia dan Indonesia.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)