Proses Pembelajaran Jarak Jauh, Guru Perlu Diberi Pelatihan

Sabtu, 26 Desember 2020 - 14:18 WIB
loading...
Proses Pembelajaran Jarak Jauh, Guru Perlu Diberi Pelatihan
Head of SDO PSF, Gusman Yahya mengatakan, Sampoerna Foundation melakukan beberapa program untuk sekolah binaannya untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Head of SDO Putera Sampoerna Foundation (PSF), Gusman Yahya mengatakan, untuk mendukung proses belajar mengajar jarak jauh, Sampoerna Foundation melakukan beberapa program untuk sekolah binaannya untuk pembelajaran jarak jauh ( PJJ ).

(Baca juga: Tak Optimal, Banyak Guru Mengaku Jenuh dengan Pembelajaran Jarak Jauh)

Gusman menjelaskan, sejak 2001 PSF sudah membuat sejumlah program untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi dan pengembangan karakter baik bagi pelajar maupun pengajar. Selain itu, sebagian besar guru yang melaksanakan PJJ dengan memberikan latihan soal bagi para siswa dibandingkan memberi tugas proyek dan menjelaskan materi.

(Baca juga: Inggris-RI Gelar Lokakarya Keterampilan Digital dan Pembelajaran Jarak Jauh)

"Namun setelah pelatihan dari Sampoerna Foundation mengenai pelaksanaan PJJ yang efektif dengan materi yang dibutuhkan para guru, di mana pada minggu pertama dan kedua sekitar 965 guru tidak melaksanakan PJJ, pada minggu keempat sebagian besar guru sudah melaksanakannya," ucapnya.

(Baca juga: Penuhi Nutrisi Anak agar Pembelajaran Jarak Jauh Optimal)

"Para guru mengungkapkan jika materi yang diberikan dalam program tersebut sangat membantu para guru dalam melaksanakan PJJ di masa pandemi ini. Dengan begitu, hasil yang didapatkan guru lebih meningkat kompetensinya serta para siswa lebih meningkat hasil belajarnya," tambahnya.

Untuk diketahui, tentunya dalam proses pembelajaran yang seperti ini mempunyai hambatan baru tersendiri. Tidak hanya karena pembangunan infrastruktur dan akses internet yang masih belum merata di seluruh Indonesia, namun juga kemampuan dari sebagian tenaga pengajar berusia lanjut yang masih awam dan belum bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi digital untuk saat ini adalah beberapa kendala yang harus dihadapi.

Berbagai kendala atau hambatan baru tersebut seharusnya bisa diatasi dengan sedemikian rupa agar pembelajaran dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya dan tetap lancar. Beberapa tips pembelajaran jarak jauh atau PJJ sebenarnya bisa diterapkan untuk membuat pembelajaran tetap efektif seperti biasa.

Untuk para guru, Kemdikbud memberikan tips melakukan pembelajaran jarak jauh yang bisa untuk diterapkan. Berbagai tips tersebut adalah sebagai berikut:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)