Jabat Menparekraf, Sandiaga Dinilai Mampu Bangkitkan Industri Pariwisata

Kamis, 24 Desember 2020 - 19:31 WIB
loading...
Jabat Menparekraf, Sandiaga Dinilai Mampu Bangkitkan Industri Pariwisata
Terpilihnya Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) diyakini mampu membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terpilihnya Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) disambut gembira pengurus OK OCE Indonesia. Terlebih bagi Bendahara Umum OK OCE Indonesia, Rahmat Agustiar. Rahmat meyakini, sahabatnya itu dapat mengembalikan geliat industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk imbas pandemi virus Corona (Covid-19).

Lewat sejumlah strategi jitu yang dimiliki Sandi, dirinya meyakini akan tercipta banyak lapangan pekerjaan pascabangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di masa depan. "Terpilihnya Bang Sandi memimpin Kemenparekraf akan berdampak positif bagi dunia usaha, khususnya bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Rahmat pada Kamis (24/12/2020). (Baca juga: Dikasih PR Percepat 5 Destinasi Wisata Prioritas, Sandi Bakal Gercep)

Menurut dia, bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung akan membuka lapangan pekerjaan yang semakin langka selama pandemi Covid-19. Rahmat berharap Sandi dapat membawa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi wadah terciptanya banyak lapangan kerja. Mengingat, kiprah Sandi sebagai Founder OKE OCE Indonesia dinilainya berhasil mendorong OK OCE sebagai gerakan kewirausahaan nasional yang telah melahirkan banyak pengusaha muda dan sukses dalam beberapa tahun belakangan. "Harapan terbaik di bawah kepemimpinan beliau lapangan pekerjaan yang menjadi pekerjaan rumah utama imbas Covid-19 dapat segera teratasi dan tumbuh, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya berharap. (Baca juga: Punya Jam Terbang Tinggi, Sandi Diyakini Mampu Kembangkan Parekraf)

Sementara itu, Sandiaga mengapresiasi dukungan yang diberikan kepadanya. Dirinya berjanji akan menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kolaborasi dengan sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju. Langkah tersebut dibuktikannya lewat kolaborasi bersama tiga menteri pada Selasa (22/12/2020) lalu. (Baca juga: Jabat Menparekraf, Sandiaga Punya Modal Mumpuni untuk Majukan Pariwisata)

Tidak Menunggu lama setelah dilantik dan resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno segera mengundang tiga menteri untuk berkordinasi. Bertempat di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sandi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi.

Pertemuan tersebut diungkap Sandi sebagai langkah percepatan untuk menggerakan ekonomi, khususnya dalam sektor pariwisata yang diketahui terpuruk imbas pandemi Covid-19. "Jadi hari ini kita langsung gerak cepat, saya mengunjungi Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) juga mengundang Pak Mendag dan Bapak Menteri Investasi kita Kepala BKPM karena kita harus berkolaborasi segera kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat. Ada lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu kita selamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, " jelas Sandi Rabu, 23 Desember 2020.

Mantan wagub DKI Jakarta itu mengakui sangat membutuhkan peran ketiga kementerian untuk mewujudkan hal tersebu mengingat,kebijakan ketiga kementerian sangat memengaruhi kebangkitan ekonomi rakyat. "Kita perlu sekali bantuan dari Pak Menteri Perdagangan dari segi kebijakan-kebijakan perdagangan yang mudah-mudahan bisa berpihak kepada kebangkitan ekonomi rakyat. Pak Menteri Investasi, tadi saya sudah dapat komitmen bahwa ekonomi kreatif dan sektor pariwisata mendapatkan satu insentif untuk investasi. Jadi bagi para pelaku (usaha) sektor pariwisata bahwa Bapak..," ungkap Sandi terpotong. "Kita dukung penuh!," sambut Bahlil Lahadalia bersemangat.

Kolaborasi yang sangat menentukan agar visi dan misinya terlaksana diungkapkan Sandi berada di tangan Erick Thohir. Sebab menurutnya, kebijakan yang dilahirkan Erick Thohir sangat memengaruhi ekonomi nasional secara menyeluruh.

"Dan ini yang paling banyak duitnya, Pak Kementerian BUMN. Karena, pasti dalam satu tahun ini kita banyak sekali keterbatasan-keterbatasan, tapi Pak Erick Thohir ini punya keleluasaan dalam menggunakan balance sheet yang dimiliki sektor BUMN ini. Jadi mudah-mudahan ini menjadi sumbangsih pertama dalam dhrama bakti kita terhadap kebangkitan ekonomi kita, kepulihan kita mengatasi Covid-19 dan kesempatan kita untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," jelasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)