Jubir Presiden: Reshuffle untuk Tuntaskan Visi dan Misi Indonesia Maju

Kamis, 24 Desember 2020 - 19:12 WIB
loading...
Jubir Presiden: Reshuffle untuk Tuntaskan Visi dan Misi Indonesia Maju
Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi untuk tuntaskan visi dan misi Indonesia Maju. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan lancar hingga pelantikan. Terdapat enam menteri dan lima wakil menteri (Wamen) baru yang bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju.

(Baca Juga : Sandi dan Risma Masuk Kabinet, Bakal Muncul Perang Bintang Capres 2024 )

“Kabinet Indonesia Maju bersama-sama sebagai kesatuan tim kerja akan menuntaskan visi sekaligus legacy (warisan) Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin,” katanya melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/12/2020). (Baca juga: Prime Show Live di iNews dan RCTI+ Kamis Pukul 20.00: Ganti Menteri di Tengah Pandemi)

Visi Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin antara lain terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong. Visi ini dilengkapi dengan misi Nawacita dan lima prioritas kerja . “(Di antaranya) pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur; penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi. Termasuk mewujudkan Ibu kota negara baru di Bukit Sepaku, Penajam, Kalimantan Timur. Melaksanakan UU Cipta Kerja dan menuntaskan vaksinasi gratis Covid-19,” paparnya. (Baca juga: Risma-Sandi di Kabinet Bisa Pulihkan Citra PDIP dan Gerindra)

Dia menyebut, enam menteri baru yakni Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, dan Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jubir Presiden: Reshuffle untuk Tuntaskan Visi dan Misi Indonesia Maju


Sementara lima wamen yang baru antara lain Wamenkumham Edward Omar Syarif Hiariej, Wamenhan Letjen TNI Herindra, Wamenkes Dante S. Herbuwono, Wamen BUMN Pahala M. Mansury dan Wamen Pertanian,Harvick Hasnul Qolbi. Leih lanjut dia kembali mengingatkan saat pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2019 lalu, presiden telah memberikan tujuh arahan. Pertama agar tidak korupsi. Kedua tidak ada visi- misi menteri, yang ada visi-misi presiden dan wakil presiden.

Ketiga kerja cepat, kerja keras, dan kerja produktif. Keempat, tidak terjebak rutinitas yang monoton. Kelima kerja berorientasi pada hasil nyata. “Keenam, selalu cek masalah di lapangan dan temukan solusinya. Ketujuh, semuanya harus serius dalam bekerja,” pungkasnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)