Sandiaga: Potensi Pariwisata Harus Dibarengi Keterampilan Masyarakat

Kamis, 03 Desember 2020 - 16:20 WIB
loading...
Sandiaga: Potensi Pariwisata Harus Dibarengi Keterampilan Masyarakat
Pendiri Rumah Siap Kerja Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Besarnya potensi pariwisata di suatu daerah dapat membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Namun, hal itu harus berjalan beriringan dengan peningkatan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam bekerja.

(Baca juga: PKS Ganti Logo Bukan karena Kehadiran Partai Ummat)

Pendiri Rumah Siap Kerja Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, masyarakat sekitar lokasi pariwisata perlu meningkatkan kemampuannya. Dengan begitu, mampu memenuhi standard yang diperlukan dari lapangan kerja yang tersedia.

(Baca juga: KPK Panggil Eks Direktur PT Garuda Indonesia sebagai Tersangka)

Oleh sebab itu, Sandiaga mengajak seluruh masyarakat Indonesia turut serta atau ikut ke dalam program Kartu Prakerja yang juga bekerja sama dengan Rumah Siap Kerja.

Selain mendapatkan pelatihan kerja yang bersertifikat, masyarakat yang ikut program tersebut mendapatkan insentif dan berpeluang besar ditempatkan di tempat layanan kerja, serta masuk ke dalam ekosistem untuk mendapatkan peluang kerja.

"Rumah Siap Kerja adalah perusahaan rintisan yang fokus untuk membangkitkan, memulihkan perekonomian, dan kehidupan masyarakat," kata Sandiaga melalui keterangan persnya, Kamis (3/12/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut membeberkan, konsep peningkatan keterampilan masyarakat bersifat kemitraan antara pemerintah, dunia usaha, dan juga masyarakat (Public, Private, People, Partnership/PPPP).

Dia berharap, kolaborasi ini dapat membantu bangkitnya industri pariwisata dan penciptaan lapangan kerja di suatu daerah. Sandiaga memberikan pelatihan kewirausahaan dan mengajar langsung di Kelas Bisnis.

Adapun, kata Sandiaga, salah satu yang harus dipelajari masyarakat yakni kemampuan digital marketing dan pelayanan ritel. Karena dua hal itu yang diperlukan daerah seperti Belitung atau Bangka Belitung secara keseluruh, dalam pemulihan ekonomi pascapandemi.

"Sehingga memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan dan mampu membawa pariwisata Indonesia ke kancah internasional dan membuka banyak lapangan kerja," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)