Menteri LHK Siti Nurbaya Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Lingkungan

Sabtu, 28 November 2020 - 12:16 WIB
loading...
Menteri LHK Siti Nurbaya Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Lingkungan
Menteri LHK Siti Nurbaya saat memberikan penghargaan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menghormati dedikasi seorang jurnalis dalam membantu pelestarian lingkungan , Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyelenggarakan peluncuran buku berjudul 'Bonita: Hikayat Sang Raja' karya seorang jurnalis, Haidir Anwar Tanjung.

(Baca juga: Satgas Covid-19: Pastikan Tidak Terjadi Penumpukan dan Kerumunan di TPS Pilkada)

Peluncuran dan bedah buku ini dilaksanakan, di Arboretum, Kompleks Kementerian LHK, Jakarta, Jumat 27 November 2020, sepekan setelah penulis tunggal buku yang berkisah tentang penyelamatan satwa langka Harimau Sumatera itu meninggal dunia.

(Baca juga: Sudah Ada Tersangka, 5 Pejabat Swasta Diperiksa KPK Terkait Korupsi Stadion Mandala)

Meski dalam suasana duka, namun pelaksanaan acara berlangsung lancar. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, hadir 60 tamu undangan secara offline, dan lebih dari 700 peserta secara virtual.

Dalam momen ini Haidir Anwar menerima penghargaan 'Lifetime Achievement Award for Excellence Journalism on Wildlife Conservation and Environment Safeguard' atau penghargaan sepanjang hidup atas keunggulan dalam jurnalisme di bidang konservasi satwa langka dan pelestarian lingkungan. Ini merupakan penghargaan pertama kali yang diberikan pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian LHK untuk jurnalis atas dedikasi dan karyanya.

"Almarhum dikenal sebagai sosok jurnalis yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu konservasi khususnya penyelamatan harimau Sumatera di Indonesia dan peningkatan kesadaran lingkungan bagi masyarakat," ungkap Menteri LHK Siti Nurbaya.

Kiprah Haidir sebagai jurnalis selama lebih dari 20 tahun, dinilai telah menunjukkan peran penting media dalam menjembatani kebijakan, program dan kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Serta menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan.

Kementerian LHK juga menyerahkan 'Wildlife Survival Achievement Award', atas perannya sebagai media yang konsisten mengawal isu lingkungan hidup Indonesia. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Gubernur Riau, Kapolda Riau, dan Danrem 031/WB.

Penghargaan ini juga diharapkan memberikan inspirasi dan motivasi kepada berbagai pihak untuk turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan, serta mewujudkan keseimbangan antar sesama makhluk hidup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)