Waspada Infeksi Ganda Covid-19 dan Dengue

Kamis, 26 November 2020 - 05:27 WIB
loading...
A A A
“2 X 3M”
Kita tahu bahwa pola pencegahan penting Covid-19 adalah “3M”, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sementara itu, pola pencegahan DBD adalah “3M plus”, yaitu menguras, menutup dan menyingkirkan/mendaur ulang, plus cara-cara lain. M pertama adalah menguras dan menyikat dinding tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi/WC, drum dll, minimal seminggu sekali. M kedua adalah menutup rapat-rapat penampungan air (gentong air, tempayan, tangki air, drum dll), sedangkan M ketiga adalah menyingkirkan/mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat membuat air hujan tergenang.

Ada 3 “plus” dalam 3M plus, yaitu menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik pada tempat penampungan air yang sulit dikuras, dan memasang ovitrap/larvitrap/perangkap nyamuk di dalam maupun di luar rumah/bangunan.

Kita punya pengalaman di tahun-tahun yang lalu bahwa jika wabah DBD berkembang luas maka rumah sakit bisa penuh dan kewalahan menangani pasien DBD. Sementara itu, dalam beberapa bulan ini kita juga mendengar sebagian rumah sakit dan petugas kesehatan amat terbebani dengan pasien Covid-19 yang terus berdatangan. Tentu kita tidak ingin terjadi masalah berganda DBD dan Covid-19. Jangan sampai kedua wabah harus dihadapi bersamaan. Karena itu, hal yang amat diperlukan adalah upaya pencegahan.

Untuk mencegahnya kita harus menjalankan 3M untuk mencegah Covid-19 dan menjalankan 3M plus untuk mencegah dengue dan DBD. Sudah banyak bukti ilmiah yang menjelaskan peran upaya pencegahan dalam kerangka penanganan wabah dan atau pandemi, jadi kita tinggal melaksanakannya dengan baik.

Kampanye 3M untuk Covid-19 sudah gencar dilakukan, walau belum semua masyarakat patuh, dan ini harus terus dilakukan dengan menggunakan semua media yang ada. Kampanye 3M plus untuk mencegah dengue juga selalu digalakkan di tahun-tahun yang lalu, dan kini juga sudah mulai di tingkatkan lagi dalam antisipasi peningkatan kasus di musim hujan.

Menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjalankan keduanya bersamaan, dua kali 3M ini, apalagi di awal musim penghujan sekarang ini. “Dua kali 3M” adalah untuk kepentingan kita, kepentingan keluarga, dan kerabat kita serta kepentingan bangsa. Marilah kita lakukan bersama.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)