Bertambahnya Pasien Covid-19 Seusai Libur Panjang Berdampak pada Keterisian Tempat Tidur di RS

loading...
Bertambahnya Pasien Covid-19 Seusai Libur Panjang Berdampak pada Keterisian Tempat Tidur di RS
Simulasi penanganan pasien corona (Covid-19). Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terjadi tren peningkatan pasien Covid-19 yang masuk rawat jalan IGD dan juga rawat inap setelah libur panjang akhir Oktober hingga awal November lalu. Seperti diketahui, pascalibur panjang memang terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 .

"Peningkatan ini kemudian berdampak pada ketersediaan tempat tidur di berbagai rumah sakit di berbagai daerah," katanya saat konferensi pers, Selasa (24/11/2020).

Misalnya saja di Provinsi Banten, kapasitas tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 97% atau mencapai 115 ruangan. Sementara, ruang isolasi sudah terpakai 80% atau 1413 tempat tidur. Lalu di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan data per 22 November 2020 tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 69,57% dan tempat tidur isolasi sudah terisi 71,66%.

(Baca juga: Vaksin Terbukti Dapat Mengeradikasi Penyakit Ini ).



Sedangkan di Provinsi Jawa Barat tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 73,45% dan tempat tidur isolasi sudah terisi sebanyak 79,62% persen. Lalu Provinsi Jawa Tengah, tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 80% dan tempat tidur isolasi sudah terisi sebanyak 77,4%. Kemudian Provinsi Jawa Timur tempat tidur ICU terisi sebanyak 54,86% dan tempat tidur isolasi sudah terisi sebanyak 57,43%

"Dari sejumlah provinsi tersebut, pemakaian tempat tidur ICU dan isolasi yang sudah di atas 70% berada di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Pemakaian tempat tidur isolasi di atas 70% adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah," ungkapnya.

(Baca juga: Satgas Sebut Orang yang Jalani Tes Covid-19 Adalah Pahlawan ).



Menurutnya, hal ini menunjukkan masih tingginya penularan yang terjadi di masyarakat. Dia pun kembali meminta kepada masyarakat untuk terus secara disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

"Selain itu, saya juga meminta Pemda untuk memastikan pelayanan kesehatan yang sesuai standar bagi para pasien Covid-19 yang saat ini sedang dirawat. Baik di ruang ICU maupun ruang isolasi. Sehingga mereka dapat segera sembuh," tuturnya.

Menurut Wiku, pemerintah daerah juga diminta terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. "Jangan sampai rumah sakit terisi penuh oleh pasien Covid-19 dan menghambat pelayanan kesehatan yang menjadi hak seluruh masyarakat tanpa terkecuali," pungkasnya.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top