Jokowi Jengkel Masih Ada Kementerian yang Kinerjanya Biasa-biasa Saja

Rabu, 18 November 2020 - 13:58 WIB
loading...
Jokowi Jengkel Masih Ada Kementerian yang Kinerjanya Biasa-biasa Saja
Presiden Joko Widodo merasa jengkel dengan kementerian dan lembaga yang berkinerjanya biasa-biasa saja. Padahal Jokowi menegaskan saat ini kondisi negara sedang darurat. Foto/dok Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali menyoroti masalah kecepatan pengadaan barang dan jasa di pemerintahan. Peringatan dini perlu diberikan kepada banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda) agar mempercepat pengadaan barang dan jasa.

“Karena banyak kementerian, banyak lembaga banyak pemerintah daerah yang masih bekerja dengan cara-cara lama. Rutinitas,” tutur pria yang biasa disapa Jokowi ini saat membuka Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara virtual, Rabu (17/11/2020P.

Dia mengatakan dalam situasi krisis seperti ini banyak kementerian dan lembaga yang belum mengubah sistem kerjanya. “Dalam kondisi yang darurat seperti ini masih bekerja dalam chanel yang ordinary, biasa-biasa saja, normal-normal saja. Belum berganti ke channel yang extraordinary. Belum mengubah SOP (standard oprational procedure/SOP) dari normal ke SOP yang shortcut yang penuh dengan terobosan,” ungkapnya. ( )

Pada Juni lalu, Jokowi juga sempat menegur para menteri dan kepala lembaga. Pasalnya dia masih melihat banyak jajarannya yang menganggap kondisi sekarang normal. Hal ini terlihat dari kinerja yang biasa-biasa saja.

“Saya lihat masih banyak kita ini yang seperti biasa-biasa saja. Saya jengkelnya di situ. Ini Apa enggak punya perasaan suasana ini krisis,” tuturnya, Juni lalu. (Baca juga: Peringati Milad ke-108, Haedar Nashir: Muhammadiyah Bawa Kemajuan Bagi Umat)

Dia meminta agar setiap tindakan, keputusan maupun kebijakan didasarkan pada situasi krisis, Jangan hanya hal ini dianggap sebagai sebuah kenormalan biasa.“Jangan kebijakan yang biasa-biasa aja. Menganggap ini sebuah kenormalan. Apa-apaan ini?” katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)