Mensos Serahkan Bansos Tunai Perdana ke 5.768 Keluarga di Serang

Sabtu, 09 Mei 2020 - 21:16 WIB
loading...
Mensos Serahkan Bansos Tunai Perdana ke 5.768 Keluarga di Serang
Mensos Juliari P Batubara (kemeja merah) saat acara menyerahkan bantuan sosial tunai senilai Rp600 ribu kepada 5.768 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Serang, Banten. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai senilai Rp600 ribu kepada 5.768 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Serang, Banten.

Bansos tunai ini disalurkan untuk pertama kalinya di Serang, provinsi Banten. Penyerahan bansos tunai digelar di kantor PT Pos Indonesia Serang, Sabtu (9/5/2020).

Ikut mendampingi Wali Kota Serang Syafrudin, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama, Sekretaris Dirjen PFM Nurul Farijati, Wakil Bupati Serang Panji, dan jajaran PT Pos Indonesia.

Penyerahan bansos ini merupakan bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat pada masa pandemi covid-19. "Kemensos diberikan tugas menyalurkan bansos tunai untuk melakukan penyelamatan atas kondisi penurunan daya beli masyarakat Indonesia, dan untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi covid-19," ujar Mensos Juliari saat menyerahkan bansos tunai dalam siaran persnya kepada SINDOnews.

Dia menjelaskan, bansos tunai senilai Rp600 ribu diberikan kepada sembilan juta KPM selama tiga bulan, yakni April hingga Juni 2020. Pelaksanaan bansos tunai telah disalurkan oleh PT Pos Indonesia kepada sejumlah KPM di seluruh Indonesia.

"Penyaluran tersebut telah dilaksanakan sejak 22 April 2020," ujar Juliari. ( )

Penerima bansos tunai untuk Provinsi Banten sejumlah 438.452 KPM yang tersebar di enam kabupaten. Sementara total KPM penerima bansos tunai di Kabupaten Serang 110.986 KPM.

Mensos Juliari memberikan apresiasi kepada PT Pos Indonesia, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Serang, dan Pemerintah Kabupaten Serang, yang telah berperan aktif untuk menyukseskan penyaluran bansos tunai ini.

Mensos juga mengingatkan pemerintah daerah untuk segara memperbarui data KPM agar segera masuk ke basis data terpadu Kemensos. Diharapkan semua bantuan dari pusat bisa tersalurkan merata.

"Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, penyaluran bansos tunai diharapkan berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)