Prihatin Dampak Pandemi, Ibas Dorong Pelaku UMKM Tetap Produktif

loading...
Prihatin Dampak Pandemi, Ibas Dorong Pelaku UMKM Tetap Produktif
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas berbincang secara virtual dengan para pedagang. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) yang hingga kini belum menghilang telah berdampak besar terhadap berbagai sektor kehidupan. Salah satunya adalah kehidupan pedagang kecil yang semakin hari harus menanggung kesulitan besar akibat berkurangnya daya beli masyarakat.

Prihatin mengenai dampak pandemi, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas merespons keluhan pedagang kecil.

Anggota DPR asal daerah pemilihan Jawa Timur VII ini memberikan bantuan tambahan modal usaha kepada ratusan pedagang di wilayah Ngawi, Trenggalek, Magetan, Ponorogo dan Pacitan.

"UMKM memiliki peran penting dalam pergerakan ekonomi wilayah bahkan bisa dikatakan UMKM merupakan soko guru Pemulihan Ekonomi Nasional," ujar Ibas. saat menyapa secara virtual di hadapan ratusan pedagang di dapil Jatim VII ini, Kamis (29/10/2020).



Menurut Ibas, profesi pedagang mikro harus terus didorong dan dikembangkan agar terus berkontribusi besar dalam penyerapan tenaga kerja serta pemerataan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah.

"Saya mengerti, di tengah-tengah wabah Corona saudara-saudara kita di Indonesia mengalami keprihatinan, ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang kekurangan pemasukan, ada yang terlilit utang dan bahkan ada yang sulit untuk melanjutkan kehidupan. Masya Allah" ucap anggota Komisi VI DPR ini.(Baca Juga: Peluang Puan Maharani di Pilpres 2024: Antara Survei dan Kekuatan Politik)

Menurut dia, dorongan konkret dalam bentuk penguatan modal usaha diharapkan bisa memotivasi para pedagang untuk tetap bekerja keras dan tidak putus asa bertahan dan tetao produktif di masa pandemi.



"Kita terus ingatkan mereka yang lebih mampu untuk lebih peduli dan berbagi kepada sesama. Juga kepada pemerintah pusat dan daerah untuk terus Pro Rakyat dan Pro UMKM. Berupaya agar UMKM dapat bertahan, terus berkarya dan tetap menghasilkan. Apakah itu berupa insentif berupa bantuan hibah tunai, Penyaluran KUR dengan bunga rendah, Keringan bunga cicilan kredit dan lain ssbagainya," tutur Ibas. (Baca juga: Terima Menlu Pompeo, Jokowi Sebut Saling Kunjung Pejabat AS-Indonesia Paling Intensif)

Politikus muda ini juga menyampaikan apresiasi kepada daerah seperti Kabupaten Pacitan yang terus konsisten mendorong Program UMKM seperti bantuan permodalan dana bergulir, pelatihan teknis usaha dan pembimbinhan manajemen usaha.

"Saya berharap proses dukungan kepada pelaku UMKM menjadi lebih sederhana, cepat dan tepat. Mereka semua butuh bantuan agar tidak melihat mereka gulung tikar terlebih dahulu baru dibantu dan diperhatikan," harap Ibas.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top