Jelaskan soal Sepeda Pemberian Daniel Mananta, Moeldoko Sebut Jokowi Sempat Kaget

Rabu, 28 Oktober 2020 - 20:41 WIB
loading...
Jelaskan soal Sepeda Pemberian Daniel Mananta, Moeldoko Sebut Jokowi Sempat Kaget
Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko memberikan penjelasan terkait dengan pemberian sepeda dari Pembawa Acara (Host) Daniel Mananta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko memberikan penjelasan terkait dengan pemberian sepeda dari Pembawa Acara (Host), Daniel Mananta . Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat kaget dengan berbagai pemberitaan terkait sepeda tersebut.

Dimana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat mewanti-wanti agar pemberian tersebut dilaporkan terlebih dahulu. “Mas Daniel dan Hendra datang ke KSP menyerahkan sepeda sebanyak 15 unit kepada KSP. Sekali lagi kepada KSP. Enggak ada sama sekali ke Pak Jokowi. Pak Jokowi kaget, mohon maaf enggak ngerti urusannya seperti ini,” ujarnya saat konferensi pers melalui Zoom, Rabu (28/10/2020). (Baca juga: Terkejut Jadi Headline Bersama Jokowi, Daniel Mananta: Itu Kebanggaan)

Sebelumnya pemberitaan terkait pemberian sepeda dari Daniel Mananta kepada Presiden Jokowi berasal dari rilis Kantor KSP. Pasca pemberian itu ramai-ramai dibicarakan bahwa hal tersebut masuk dalam gratifikasi. Moeldoko menyebut ada kesalahan teknis dan pemahaman pada penerbitan rilis tersebut.

“Itu kesalahan teknis. Kesalahan pemahaman ya. Jadi makanya saya meluruskan sekarang ini agar, sebagai KSP yang saya sampaikan sekarang ini,” jelasnya.

Menurutnya, sepeda yang diberikan Daniel Mananta merupakan produk dalam negeri. Dimana sudah menjadi kewajiban KSP untuk turut meng-endorse produk anak bangsa.

“Jadi harapan kami adalah agar produk-produk dalam negeri semakin dikenal publik, semakin dicintai dan semakin banyak yang beli,” katanya.

Moeldoko mengaku telah berkomunikasi dengan KPK terkait hal ini. Dimana KPK menyatakan jika untuk lembaga maka bukan termasuk gratifikasi. Berbeda jika diberikan kepada nama pribadi maka akan masuk dalam gratifikasi.

Namun pihaknya pun akan segera melaporkan ke KPK terkait sepeda ini. Rencananya sepeda ini akan diberikan kepada anak-anak di daerah. (Baca juga: Terkait Pemberian Sepeda dari Daniel Mananta, KSP: Segera Kami Laporkan ke KPK)

“Sepeda ini akan diberikan ke anak-anak di daerah. Bisa kita lomba-lomba untuk anak muda kita hadiahnya sepeda itu,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)