Hindari Keramaian saat Berlibur di Masa Pandemi

Rabu, 28 Oktober 2020 - 06:35 WIB
loading...
Hindari Keramaian saat Berlibur di Masa Pandemi
Untuk menghindari penyebaran Covid-19, aktivitas selama liburan harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Libur panjang akhir bulan ini diperkirakan bakal dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian ke berbagai tempat. Kendati demikian, untuk menghindari penyebaran Covid-19, aktivitas selama liburan harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.



Jauh-jauh hari pemerintah telah mengingatkan agar masyarakat tetap waspada di masa liburan. Pasalnya, masih ada daerah yang masuk zona merah, oranye, dan kuning sehingga potensi penularan virus tetap ada.

Hindari Keramaian saat Berlibur di Masa Pandemi


“Jaga jarak, hindari kerumunan, hindari tempat dengan ventilasi yang tidak baik. Kalau mungkin ingin menghabiskan libur panjang, cari lokasi yang memang ventilasinya baik dan tidak terlalu banyak orang berkerumun dan hindari kontak dengan orang yang batuk,” ucap Dokter spesialis penyakit dalam RSCM Alvina Widhani dalam diskusi secara virtual bertajuk “Jitu Jaga Imunitas Saat Liburan Panjang ” di Jakarta kemarin. (Baca: Berdoa Keburukan untuk Orang yang Menzalimi)

Dalam diskusi yang terselenggara atas kerja sama SINDOnews.com dan KORAN SINDO bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 itu, Alvina yang juga anggota Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen IPD Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi ketika sedang berekreasi. Misalnya mencuci tangan dengan sabun, tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, dan mendisinfeksi area permukaan benda seperti meja, gawai, pegangan pintu.

“Penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar menghindari infeksi. Penting juga untuk mencegah kontak dengan orang lain,” imbuhnya.

Menurutnya, sangat penting untuk melindungi diri dan keluarga karena penularan tidak hanya terjadi saat di luar rumah, tetapi bisa juga terjadi di dalam keluarga.

“Ada yang memang enggak ke mana-mana, hanya di rumah saja (stay at home), tapi tertular karena ditularkan oleh anggota keluarga yang masih aktif beraktivitas di luar. Jadi, kita harus lindungi anggota keluarga, terutama yang rentan seperti usia lanjut, menderita penyakit kronik atau gangguan kekebalan tubuh lain,” pesannya.

Alvina menambahkan, untuk menjaga kesehatan juga perlu penerapan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan, minuman yang bernutrisi. Selain itu, memiliki aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur dan menerapkan pola tidur yang cukup setiap harinya. (Baca juga: DPR Dorong Pengembangan Pendidikan di Indonesia Timur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)