Ditunjuk Ketuai KTT G-20, Arab Saudi: Mewujudkan Peluang Abad 21

loading...
Ditunjuk Ketuai KTT G-20, Arab Saudi: Mewujudkan Peluang Abad 21
Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, HE/ Essam Bin Ahmed Bin Abed Al-Thaqafi dalam sambutannya, Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam. Foto/SINDOnews/Raka Dwi
A+ A-
JAKARTA - Kerajaan Arab Saudi mendapat kehormatan untuk mengetuai kelompok G-20 tahun 2020 ini, yaitu terhitung mulai tanggal 1 Desember 2019 s/d 30 November 2020. Kelompok G-20, merupakan forum khusus untuk kerja sama ekonomi internasional dan mencakup para pemimpin dari semua benua serta mewakili negara-negara maju dan berkembang.

"Saya ingin sampaikan bahwa tidaklah diragukan, bahwa KTT G-20 pada tahun 2020 ini, adalah KTT “Realizing Opportunities of the 21st Century for All (mewujudkan peluang abad 21 untuk semua)”, guna mencari solusi atas berbagai masalah, antara lain yang berkaitan dengan makro ekonomi global, ketegangan politik serta yang berkaitan dengan emerging economies," ujar Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, HE/ Essam Bin Ahmed Bin Abed Al-Thaqafi dalam sambutannya, Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam.

Essam mengatakan bahwa KTT G-20 tersebut merupakan kesempatan bersama untuk mengembangkan kerja sama ke tingkat yang lebih prospektif. Hal itu sesuai dengan pesan yang disampaikan Pelayan Dua Kota Suci, Raja Salman Bin Abdulaziz.

"Dimana kita harus menginvestasikannya untuk pemberdayaan umat manusia, membuka jalan bagi semua orang untuk menuju masa depan yang lebih baik, memberlakukan kebijakan ekonomi yang berkelanjutan untuk melindungi planet jagat raya ini. Selain itu, kita harus bergerak maju menuju masa depan sesuia visi ambisius jangka panjang yang diharapkan dapat memanfaatkan gelombang inovasi saat ini untuk membentuk cakrawala baru," jelasnya.



Oleh karena itu, Kerajaan Arab Saudi dalam kepemimpinannya di G-20 telah memutuskan untuk mengkoordinasikan kerja multilateral pada tahun 2020 dengan tema: “Realizing Opportunities of the 21st Century for All” (Meraih peluang abad 21 untuk semua).

Sejalan dengan pendekatan ini, pihaknya akan melanjutkan capaian G-20 yang telah menunjukkan kemampuannya untuk memberikan pemikiran prespektif jangka panjang dalam menghadapi tantangan serta memanfaatkan peluang masa depan yang gemilang, menangani secara efektif berbagai masalah, mendesak serta memastikan inklusivitas.

"Kami akan bermitra dengan semua stakeholders terkait, antara lain: lembaga masyarakat sipil, sektor swasta, dan lembaga (think tank) serta penelitian regional dan internasional, dimana kami akan memastikan bahwa nilai tambah (values) dari solusi yang ditawarkan untuk semua dapat dimaksimalkan dan Kerajaan Arab Saudi yang menjadi tuan rumah kegiatan G-20 untuk pertama kalinya, memiliki peran significant dalam menghadirkan perspektif kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, di samping pandangan negara-negara berkembang lainnya," tuturnya.



Presidensi G-20 merupakan momentum bagi Kerajaan Arab Saudi untuk menunjukkan kemampuannya dalam memimpin agenda internasional yang ambisius serta menyampaikan kebijakan ekonomi, sosial yang efektif dan berkelanjutan dalam menangani tantangan internasional. Di samping itu, Arab Saudi yang menjadi tuan rumah kegiatan G-20 untuk pertama kalinya, memiliki peran penting dalam menghadirkan prespektif kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, di samping negara-negara berkembang lainnya.

Kerajaan Arab Saudi senantiasa bekerja dengan para anggota negara-negara G-20 dalam konteks visi 2030 melalui saling tukar menukar pengalaman meningkatkan kerja sama dengan tujuan untuk mencari solusi berkaitan dengan masalah-masalah krusial abad ke-21 ini.

"Di samping itu, lembaga masyarakat sipil, sektor swasta, think thank, dan pusat penelitian, selama satu tahun kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi akan membuktikan kemampuan mereka untuk memimpin kelompok komunikasi pada tahun 2020 dan menyampaikan rekomendasinya kepada pimpinan," pungkasnya.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top