Sempat Terhambat Pandemi, 503 WNI Berhasil Dipulangkan dari Malaysia

Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:56 WIB
loading...
Sempat Terhambat Pandemi, 503 WNI Berhasil Dipulangkan dari Malaysia
Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Ilustrasi/SINDO
A A A
JAKARTA - Kepulangan warga negara Indonesia ( WNI ) dari luar negeri di masa pandemi Covid-19 terus berlanjut. Termasuk para WNI yang berada di negara tetangga, Malaysia.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang diperoleh SINDOnews, Selasa (27/10/2020), tercatat ada 503 warga yang kembali dari Malaysia. Kepulangan itu berjalan lancar melalui fasilitasi yang diberikan melalui sinergi antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"Kemlu bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah telah fasilitasi kepulangan 503 WNI dari berbagai detensi imigrasi di Malaysia pada 26 Oktober 2020," jelas Kemlu.

( ).

Mereka diketahui kembali ke Tanah Air melalui jalur udara. Berangkat dari Kuala Lumpur menuju tiga titik debarkasi di Indonesia yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Bandara Juanda (Surabaya), dan Bandara Kualanamu (Medan).

Upaya pemulangan atau repatriasi itu dilakukan lantaran seluruh WNI tersebut sempat mengalami hambatan karena kebijakan yang diterapkan di masa pandemi virus corona. Sebelum kembali ke Indonesia, mereka diwajibkan menjalani pemeriksaan protokol kesehatan secara ketat.

( ).

"Percepatan pemulangan para WNI ini menjadi prioritas utama karena selama ini proses pemulangan terhambat akibat pandemi Covid. Seluruh WNI telah menjalani protokol kesehatan secara ketat antara lain melalui tes PCR sebelum keberangkatan," imbuh Kemlu.

Kemlu menjelaskan bahwa program tersebut merupakan realisasi kerjasama antara Indonesia dan Malaysia. Hingga kemarin, total telah dipulangkan sebanyak 1.897 WNI sejak Juni 2020 melalui beberapa gelombang.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3092 seconds (0.1#10.140)