Relawan Jokowi: Menteri yang Orientasinya 2024 Sebaiknya Dicopot

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 17:49 WIB
loading...
Relawan Jokowi: Menteri yang Orientasinya 2024 Sebaiknya Dicopot
Ketua umum Relawan Jokowi atau Rejo, HM Darmizal MS. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Buruknya komunikasi menjadi salah satu catatan penting terhadap kinerja para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menghadapi berbagai momentum seperti penanganan Covid-19 dan pengesahan Omnibus Law atau Undang-undang (UU) Cipta Kerja, menunjukkan bahwa para pembantu presiden tersebut tidak hanya perlu dievaluasi tetapi juga perlu segera diganti.

Ketua Umum Relawan Jokowi atau Rejo. HM Darmizal MS yang merupakan pendukung setia presiden Joko Widodo tidak ketinggalan untuk ikut mengungkapkan keprihatinannya.

"Melihat situasi saat ini dan beberapa kali peringatan presiden terhadap para pembantunya, reshuffle kabinet adalah keniscayaan dan kebutuhan multak," ujar putra Minang ini, Jumat (23/10/2020). ( k)

Darmizal menjelaskan, situasi saat ini terutama dalam pandemi Covid-19, ditambah dengan kerja berat pemerintah untuk menerapkan Omnibus Law, para pembantu presiden harus kerja ekstra keras.

Bahkan Darmizal juga menyindir, posisi menteri bukan sekadar jabatan yang dinikmati karena keuntungan politik, tetapi juga melekat tanggung jawab yang sangat besar dalam memajukan bangsa dan negara.

"Kami relawan Jokowi pasti akan mendukung penuh presiden untuk melakukan reshuffle kabinet. Ini bukan karena tujuan politik, atau kekuasaan saja, tetapi juga diperlukan untuk menjaga kohesi sosial nasional di tengah situasi yang sulit. Presiden punya kewenangan dan pilihan untuk melakukan itu," tuturnya.( )

Dia juga mengharapkan jika reshuflfe dilakukan maka presiden perlu menunjuk orang yang benar-benar yang seirama dengan beliau tanpa terbebani dengan kepentingan politik praktis 2024.

"Pada satu kesempatan, saya pernah membaca satu ungkapan yang menjelaskan, jika pada waktu bersamaan terdapat sepuluh berita baik, maka hanya dua orang yang tertarik untuk menerimanya. Sedangkan dua berita buruk yang disampaikan, akan terdapat sepuluh orang yang tertarik menerimanya. Terlihat begitu pentingnya komunikasi publik seorang menteri atau pembantu presiden," ungkap mantan politikus Demokrat ini.

Menurut Darmizal, buruknya komunikasi menteri sangat merugikan prestasi yang dicapai presiden selama ini. Para pembantu presiden harus dapat mengaflifier dengan baik segala capaian, rancangan strategis dan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Mereka yang sulit fokus membantu Presiden, kata Darmizal, atau yang orientasinya lebih kuat untuk kepentingan tahun 2024 sebaiknya mundur sebelum dicopot.

"Semua demi menjaga pemerintahan dan negara ini agar tetap survive di masa pandemi Covid-19 dan tekanan lainnya," ujarnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)