Presiden Jokowi Bertemu PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor

Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:55 WIB
loading...
Presiden Jokowi Bertemu PM Jepang  Yoshihide Suga di Istana Bogor
Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dan Presiden Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Di tengah guyuran hujan, Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istrinya Mariko Suga tiba di Istana Bogor , Jawa Barat. Kedatangan keduanya disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Penyambutan kali ini pun berbeda dari biasanya. Jika biasanya kedatangan pimpinan negara sahabat selalu disambut meriah oleh anak-anak berpakaian adat, pasukan berkuda, dan alunan musik tradisional, tidak untuk kali ini.

Setelah turun dari mobil, dua pimpinan negara itu langsung bersalaman. Setelah itu digelar upacara penyambutan kenegaraan yang cukup sederhana di teras tangga teras Istana Bogor . Upacara penyambutan dilakukan dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan kedua negara dan juga diiringi oleh dentuman meriam.

( ).

Selesai upacara kenegaraan, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Suga masuk ke dalam Istana untuk menandatangani buku tamu kenegaraan. Kemudian, keduanya sempat berbincang di Veranda Istana Kepresidenan Bogor. Lalu dilanjutkan pertemuan empat mata antar kedua pimpinan negara di salah satu ruangan di Istana Bogor .

Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden Jokowi dalam penyambutan tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Perekonomian Airlangga, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

(Lihat Video: Tingkatkan Hubungan Bilateral, PM Jepang Kunjungi Indonesia ).

Sebelumnya, PM Jepang Yoshihide Suga beserta Istrinya Mariko Suga tiba di Indonesia siang tadi. Keduanya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pada kesempatan itu PM Yoshihide Suga dan Mariko Suga dijemput oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung di tangga pesawat.

Indonesia menjadi salah satu negara yang dipilih Suga dalam lawatan pertamanya ke luar negeri. Selain Indonesia, Suga juga melakukan kunjungan ke Vietnam.

Suga menjabat sebagai PM Jepang sejak bulan lalu. Seperti diketahui Suga menjabat sebagai PM Jepang setelah menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)