PKB Yakin Merger Bank Syariah Perkuat UMKM Industri Halal

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 13:15 WIB
loading...
PKB Yakin Merger Bank Syariah Perkuat UMKM Industri Halal
Ketua DPP PKB Bidang Ekonomi dan Perbankan Fathan Subchi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rencana pengabungan tiga bank syariah anak usaha BUMN disambut gembira banyak kalangan. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Berharap langkah ini akan memperkuat usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) yang bergerak dalam industri halal .

“Penandatanganan perjanjian pengabungan bersyarat (conditional merger agreement) PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri merupakan babak baru bagi upaya penguatan industry halal di Indonesia. Rencana pengabungan ini kami yakini akan membuat mimpi Indonesia menjadi leader dalam industry halal global bisa terwujud,” tutur Ketua DPP PKB Bidang Ekonomi dan Perbankan Fathan Subchi, Jumat (16/10/2020).

Menurut dia, dengan pengabungan ini maka Indonesia akan memiliki satu bank syariah terbesar yang bisa bersaing dengan bank-bank konvensional lainnya.( )

Dengan pengabungan ini, kata dia, secara otomatis akan meningkatkan kapasitas modal, jangkuan pasar, dan daya saing dari ketiga bank Syariah tersebut. “Ini merupakan tonggak sejarah sehingga Indonesia yang mempunyai umat Islam terbesar di dunia bisa melakukan transaksi perbankan dengan aman dan nyaman,” lanjutnya.

Kendati demikian, lanjut Fathan, pengabungan bank syariah ini harus didukung dengan kejelasan fokus usaha yang menjadi trade mark bank tersebut. Menurut dia, pengembangan industri halal yang meliputi halal food, fesyen, halal tourism, halal komestik, hingga penyelenggaraan haji dan umrah bisa menjadi pilihan.

“Kejelasan ekosistem usaha berbasis syariah akan mendorong dan menguatkan peran dari Lembaga keuangan Syariah. Maka pemerintah harus bisa menciptakan ekosistem pendukung tersebut sehingga bank Syariah ini akan lebih kokoh kedepannya,” katanya.( )

Wakil Ketua Komisi XI ini berharap keberadaan bank syariah besar nantinya akan menjangkau UMKM yang selama ini bergerak di Industri halal. Menurut dia, banyak UMKM yang bergerak di bidang makanan halal, busana muslim, hingga travel haji dan umrah yang bisa dikembangkan dengan keberadaan bank syariah.

“Nantinya kita berharap ada prioritas bagi UMKM yang bergerak di bidang industri halal untuk mendapatkan berbagai layanan perbankan syariah sehingga satu sisi mereka bisa berkembang di sisi lain hal itu juga memperkuat ekosistem ekonomi Syariah di Tanah Air yang dibutuhkan bank Syariah itu sendiri,” tuturnya
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)