Fenomena La Lina, DPR Minta BMKG Aktif Sosialisasi Prediksi Cuaca

Kamis, 15 Oktober 2020 - 20:00 WIB
loading...
Fenomena La Lina, DPR Minta BMKG Aktif Sosialisasi Prediksi Cuaca
BMKG diminta menyosialisasikan secara masif terkait prediksi cuaca, sehingga masyarakat bisa lebih antisipatif dalam menghadapi fenomena La Nina. FOTO/DOK.BMKG
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie menanggapi perihal prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai fenomena La Nina yang berpotensi menimbulkan multibencana. Terkait hal itu, Syarif meminta kepada jajaran BMKG untuk menyosialisasikan secara masif terkait prediksi cuaca, sehingga masyarakat bisa lebih antisipatif dalam menghadapi berbagai fenomena cuaca.

"Pembaruan informasi cuaca sangat dibutuhkan masyarakat. Terutama, agar warga bisa mempersiapkan diri menghadapi potensi hujan setiap hari," kata Syarif saat dihubungi, Kamis (15/10/2020).

Terlebih, kata politikus Partai Nasdem ini, intensitas musim hujan tahun ini diprediksi tak wajar dan berintensitas lebih tinggi akibat adanya fenomena La Nina. Penting bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan terkini mengenai fenomena tersebut. "Sehingga masyarakat tidak putus dengan informasi itu," kata Syarif. ( )

Selain itu, menurut Syarif, banyak cara yang bisa dilakukan BMKG dalam memberikan informasi berkaitan prediksi cuaca kepada masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi yang ada hari ini.

"Masyarakat Indonesia rata-rata sudah punya handphone dan punya aplikasi untuk itu. Sehingga, semua itu harus dijadikan sarana menginformasikan setiap waktu," ujarnya.

Selain itu, legislator dapil Kalimantan Barat I ini juga mendorong Badan SAR Nasional (Basarnas) dan pemerintah daerah (pemda) untuk mempersiapkan berbagai antisipasi menghadapi curah hujan yang sangat tinggi tahun ini. "Persiapan maksimal harus dilakukan Basarnas dan Pemda demi meminimalkan risiko terjadinya dampak bencana akibat La Nina," kata Syarif. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)