Gelar Perkara Kebakaran Gedung Kejagung, Polri Sebut untuk Menentukan Tersangka

Rabu, 30 September 2020 - 18:29 WIB
loading...
Gelar Perkara Kebakaran Gedung Kejagung, Polri Sebut untuk Menentukan Tersangka
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengungkapkan gelar perkara dengan JPU merupakan tahapan penting dalam proses penyidikan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polri menyatakan bahwa gelar perkara dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait dengan kasus dugaan pidana kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) adalah untuk menemukan seorang tersangka.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengungkapkan gelar perkara dengan JPU merupakan tahapan penting dalam proses penyidikan. Mengingat, hal itu nantinya yang akan dibawa ke ranah penuntutan. (Baca juga: Kapolri Tegak Lurus dalam Kasus Djoko Tjandra dan Kebakaran Kejagung)

"Sehingga Polri menyampaikan hasilnya dan berdialog apakah sudah cukup atau masih ada kekurangan dimana tujuan akhirnya adalah untuk menentukan tersangkanya," ujar Awi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Gelar perkara sendiri rencananya digelar hari ini namun hal tersebut batal dilaksanakan. Sebab itu diputuskan untuk dilaksanakan pada esok hari.

"Namun karena suatu hal, Bapak Kabareskrim ada kegiatan dan Bapak Kapolri melaksanakan RDP dengan Komisi III DPR RI. Sehingga rencananya besok akan dilakukan eksposenya," jelas Awi.

Dalam penyelidikan ditemukan fakta bahwa adanya tukang bangunan atau kuli yang sedang melakukan pekerjaannya di lantai enam pada gedung tersebut. Bareskrim Polri menyimpulkan adanya peristiwa pidana dalam kebakaran markas Korps Adhyaksa itu. Hal itu didapatkan setelah dilakukan penyelidikan mendalam.

Penyidik menemukan bahwa sumber api bukan disebabkan adanya hubungan arus pendek listrik melainkan diduga karena open flame atau nyala api terbuka. Adapun api berasal dari Lantai 6 ruang rapat Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung.

Kemudian api dengan cepat menjalar ke ruang lain karena diduga terdapat akseleran berupa ACP pada lapisan luar gedung dan cairan minyak lobi yang mengandung senyawa hidrokarbon serta kondisi gedung yang hanya disekat oleh bahan yang mudah terbakar seperti gypsum, lantai parkit, panel HPL, dan bahan mudah terbakar lainnya. (Baca juga: Besok, Penyidik Bareskrim Bersama JPU Gelar Perkara Kebakaran Kejagung)

Dugaan peristiwa pidana itu didapati setelah penyidik melakukan olah TKP dan pemeriksaan kepada 131 saksi yang saat ini sudah dilakukan pemeriksaan. Tak hanya itu, Bareskrim juga meminta keterangan ahli pidana dan ahli kebakaran.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)