Pendidikan Online di Tengah Corona Beri Tantangan Guru agar Lebih Kreatif

Rabu, 15 April 2020 - 13:45 WIB
loading...
Pendidikan Online di Tengah Corona Beri Tantangan Guru agar Lebih Kreatif
Melalui keputusan tersebut sekolah dan universitas resmi meliburkan seluruh siswanya dan melakukan pengalihan sistem belajar mengajar menjadi Daring (Dalam Jaringan). Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Memasuki Tahun 2020, Seluruh dunia tengah sibuk menghadapi pandemi global Coronavirus Disease (Covid-19). Hal ini tentu saja mempengaruhi banyak aspek kehidupan, baik itu dari sisi kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan bahkan gaya hidup.

Melalui keputusan tersebut sekolah dan universitas resmi meliburkan seluruh siswanya dan melakukan pengalihan sistem belajar mengajar menjadi Daring (Dalam Jaringan). Sekolah Kharisma Bangsa adalah salah satu sekolah swasta yang berada di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Terhitung 19 Maret 2020, Sekolah Kharisma Bangsa sudah terlebih dahulu meliburkan siswanya sebagai bentuk keputusan darurat untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut.

Kemudian melalui surat edaran tersebut sekolah kharisma bangsa resmi meliburkan para semua staf dan menerapkan bekerja dari rumah (Work From Home). Selain sistem pembelajaran, sistem pendaftaran dan proses asesmen siswa baru pun dilakukan secara online.

Pembelajaran secara daring sebenarnya bukanlah hal yang baru untuk Sekolah Kharisma Bangsa. Sejak 3 tahun terakhir, Sekolah yang berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan mengadopsi kurikulum Cambridge ini telah menerapkan technology integrated classroom.

Sistem pembelajaran daring ini tidak mengurangi kualitas dan produktivitas civitas Kharisma Bangsa. Kunci efektifitas dari sistem pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru tetap kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring secara menyenangkan dan mudah dimengerti sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.

"Pembelajaran jarak jauh (online classroom) sebenarnya memberikan tantangan tersendiri bagi guru-guru Kharisma Bangsa," kata Sandra Susanto, Kepala Sekolah SMP Kharisma Bangsa, Rabu (15/4/2020).

Selanjutnya dia menyampaikan, tantangan dalam hal apa saja? Yaitu Pertama untuk menunjukkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media teknologi dengan presentasi zoom, penugasan via google classroom, pre-test atau post-test dengan quizizz.

"Dan pemberian tugas proyek dengan pemanfaatan Google Drive, presentasi interaktif dengan peardeck, dan lain-lain; karena hal itu mutlak harus dilakukan untuk mentransfer knowledge kepada peserta didik secara menarik dan efektif," ucapnya.

Kedua kata Sandra, menyajikan pembelajaran yang terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur langkah-langkah pembelajaran yang detail.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3027 seconds (0.1#10.140)