Gus Yaqut: Gubernur Olly Berhasil Wujudkan Sulut Daerah Bertoleransi Tinggi

Jum'at, 18 September 2020 - 17:00 WIB
loading...
Gus Yaqut: Gubernur Olly Berhasil Wujudkan Sulut Daerah Bertoleransi Tinggi
Gubernur Sulut Olly Dondokambey (dua kanan) dan Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (dua kiri) saat konferensi pers, Jumat (18/9/2020). Foto/SINDOnews/Abdul Hakim
A A A
MINAHASA - Keberhasilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey menjaga keharmonisan kehidupan beragama di wilayahnya mendapatkan apresiasi banyak pihak. Ketua Umum (Ketum) Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menilai, Oly berhasil membawa Sulut sebagai daerah layaknya miniatur Indonesia.

(Baca juga: Konbes GP Ansor di Minahasa, Gubernur Olly: Sinergitas Kian Penting Hadapi Covid-19)

Apresiasi Yaqut beralasan. Dia menilai, saat ini kerukunan hidup di Sulawesi Utara kian membaik. Gesekan antar penganut agama sangat jarang terjadi. Inilah yang menjadikan provinsi di ujung utara Pulau Sulawesi nyaman dihuni dan perekonomiannya terus meningkat.

(Baca juga: Rekor! Sehari 4.088 Orang Sembuh dari Covid-19)

"Untuk itu kenapa kita menggelar konferensi di sini, karena di antaranya keberagaman dan toleransi tampak mewujud di Sulut," kata Yaqut usai pembukaan Konferensi Besar (Konbes) XIII Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Minahasa, Jumat (18/9/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru negeri, Pemerintah Provinsi Sulut, menurut pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini, juga terbukti mampu menujukkan daerah yang memiliki mitigasi penanganan jelas dan tepat. Pengawasan dan pemantauan kesehatan orang keluar masuk ke Sulut dilakukan dengan ketat. Hal ini membuat para pendatang maupun masyarakat akhirnya menjadi tenang.

Di sisi lain, di tengah tantangan yang begitu besar akibat dampak pandemi ini, Olly juga mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, sehingga perekonomian bisa tetap terjaga. "Kerhasilan-keberhasilan inilah yang patut ditiru. Hal ini harus kita kabarkan ke seluruh Indonesia agar bisa menjadi contoh bagi daerah lain," terangnya.

Atas berbagai prestasi yang dicapai Olly ini, secara khusus Gus Yaqut pun meminta para kader Ansor-Banser di Sulut untuk turut menjaga agar Sulut terus maju dan sejahtera. Pengawalan dan dukungan ini penting karena kebijakan-kebijakan yang dibuat Olly terbukti mampu memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

"Ini saya instruksikan kepada seluruh kader agar turut mengawal karena hakikatnya bagian tanggung jawab Ansor terhadap bangsa dan negara," tandasnya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengaku berterima kasih kepada Ansor karena wilayahnya dipilih sebagai tuan rumah Konbes ke XXIII. Pilihan Ansor ke Kabupaten Minahasa sebagai lokasi acara, menurutnya tepat. Sebab, Minahasa memiliki sejarah perkembangan Islam yang kuat di Sulut. "Islam pertama kali datang dan berkembang di Sulut berawal dari Minahasa," katanya.

Hingga kini, Islam terus berkembang dengan baik di berbagai wilayah Sulut. Relasi yang dibangun umat Islam dengan penganut agama lain juga kian erat. Olly mengungkapkan bahwa mewujudkan Sulut sebagai wilayah yang menghargai keberagaman tersebut sejalan dengan tekad GP Ansor.

"Menghargai perbedaan dan menciptakan kerukunan ini adalah bagian dari cinta negara. Ini yang harus betul-betul dijaga," tandas Olly yang pada Pilkada Desember nanti kembali maju bersama pasangannya, Steven Kandouw.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)