Penyemprotan Disinfektan Secara Berlebihan Bisa Ganggu Pernapasan

Senin, 30 Maret 2020 - 14:03 WIB
Penyemprotan Disinfektan Secara Berlebihan Bisa Ganggu Pernapasan
Penyemprotan Disinfektan Secara Berlebihan Bisa Ganggu Pernapasan
A A A
JAKARTA - Penggunaan cairan disinfektan di area publik transportasi, pasar, tempat ibadah, sekolah, rumah makan, perlu memperhatikan komposisi dan jenis bahan disinfektan. Penggunaannya tidak boleh berlebihan.

"Tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan, seperti fogging, karena dapat menimbulkan iritasi kulit bahkan mengganggu pernapasan," tegasnya dalam Konferensi Pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (30/3/2020).

Wiku juga tidak merekomendasikan penggunaan disinfektan yang langsung disemprotkan secara langsung ke tubuh manusia. "Karena berbahaya bagi kulit mulut dan mata, pasalnya dapat menimbulkan iritasi. Sementara penggunaan dengan UV Lite dalam konsentrasi yang berlebihan mempunyai potensi jangka panjang menimbulkan kanker kulit," kata Wiku. (Baca Juga: 'Tsunami Pasien Corona' Terjadi jika Pencegahan Tidak Dilaksanakan).

Menurutnya, penggunaan cairan disinfektan dilakukan spesifik pada lokasi dan benda-benda yaitu lantai garasi, meja, gagang pintu, tombol lift, handle eskalator, mesin ATM, etalase, wastafel, dan lain-lain. Setelah menyemprotkan permukaan benda, kata Wiku, sebaiknya satu menit setelahnya dilakukan pengelapan permukaan menggunakan sarung tangan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8428 seconds (0.1#10.140)