Jubir Penanganan Corona Sarankan Masyarakat Menunda Mudik Lebaran 2020

Jum'at, 27 Maret 2020 - 17:00 WIB
Jubir Penanganan Corona Sarankan Masyarakat Menunda Mudik Lebaran 2020
Jubir Penanganan Corona Sarankan Masyarakat Menunda Mudik Lebaran 2020
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto menyarankan masyarat untuk tidak melakukan perjalanan mudik Lebaran 2020 ke kampung halamannya. Pasalnya, berpergian jauh dengan meninggalkan rumah akan jauh berisiko terjadi penyebaran virus Corona.

“Tidak perlu meninggalkan rumah, tidak perlu berpergian yang jauh. Tidak perlu berpergian bersama keluarga menuju ke tempat lain yang jauh. Risiko akan sangat besar terkait dengan penyebaran,” ungkap Yuri dalam di Graha BNPB, Jakarta (27/3/2020). (Baca juga: Gawat, Korban Corona di Indonesia Tembus 1.046 Orang, 87 Meninggal)

Apalagi harus pergi ke kampung dengan keluarga yang cukup banyak di dalam satu mobil yang berdesak-desakan dalam angkutan. Sebab bisa memberikan risiko yang berlipat ganda. (Baca juga: Soal Larangan Mudik Lebaran 2020, Polri Tunggu Kebijakan Pemerintah)

Oleh karena itu, Yuri meminta masyarakat untuk lebih bijak dalam merencanakan perjalanan mudik ke kampung halaman. “Apabila nantinya akan mudik, hati-hati. Sebisa mungkin ditunda sampai dengan kondisi ini menjadi jauh lebih baik. Ini menjadi perhatian pemerintah, karena kita tidak menginginkan penambahan kasus ini menjadi semakin tinggi dan penularan di tengah masyarakat juga semakin banyak,” katanya.

Menurut Yuri, ini yang harus dilakukan dalam rangka mengantisipasi beberapa kegiatan ke depan. Tetap tinggal di rumah, bukan berarti tidak produktif. ”Silakan melakukan pekerjaan dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah menjadi kunci paling tepat untuk memutus rantai penularan dari penyakit ini,” tambah Yuri.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9729 seconds (0.1#10.140)