151 Ribu APD Telah Didistribusikan ke Seluruh Indonesia

Jum'at, 27 Maret 2020 - 12:48 WIB
151 Ribu APD Telah Didistribusikan ke Seluruh Indonesia
151 Ribu APD Telah Didistribusikan ke Seluruh Indonesia
A A A
JAKARTA - Staf Operasi TNI Kolonel (Inf) Aditya Nindra Pasha mengungkapkan, hingga pagi tadi sebanyak 151.000 Alat Pelindung Diri (APD) telah terdistribusikan ke sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini diungkapkan Aditya dalam Konferensi Pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

"Perlu saya sampaikan juga bahwa dari stok alat pelindung diri yang ada di gudang Gugus Tugas nasional yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma dari 170 ribu stok alat pelindung diri yang ada, sampai dengan pagi ini sudah terdistribusi 151 ribu. Sehingga, cadangan nasional yang ada di gudang Gugus Tugas adalah 19 ribu," kata Aditya.

Aditya mengatakan bahwa ada beberapa daerah yang sudah dialokasikan namun belum sempat terdistribusikan. "Beberapa yang sudah dialokasikan tetapi mungkin belum sempat terdistribusi atau mungkin diambil tetapi kita sudah alokasikan, ada beberapa provinsi di antaranya adalah Provinsi Riau, kemudian Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, kemudian Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Sulawesi Tengah."

Dalam proses pendistribusian ada dua skema. Pertama, akan dibantu TNI untuk wilayah yang kesulitan transportasi dan kedua proses langsung dari daerah masing-masing. "Pelaksanaan pendistribusian dibantu TNI khususnya kepada daerah yang memiliki kesulitan transportasi," jelas Aditya.

"Dalam hal ini TNI membantu operasi untuk pendistribusian di wilayah di Papua dan Papua Barat juga beberapa daerah di wilayah perbatasan. Ini dilakukan untuk mempercepat pemenuhan APD di daerah. Sehingga dapat segera diprioritaskan untuk wilayah yang membutuhkan," tambahnya. (Baca Juga: Atasi Corona, MUI Usul ke Presiden Panggil Pengusaha dan Potong Zakat ASN).

Selain itu, Aditya mengatakan dalam proses pendistribusian juga ada proses yang dilakukan oleh masing-masing provinsi. "Mereka mengirimkan penghubung-penghubung dari wilayah atau provinsi yang ada di Jakarta, kemudian mereka datang langsung untuk mengambil alat pelindung diri tersebut dibantu oleh beberapa alat angkut yang disiapkan oleh TNI yang berada atau berasal dari masing-masing wilayah."

Sehingga, kata Aditya, proses ini bisa dilaksanakan dengan lebih cepat sehingga kebutuhan APD di daerah bisa segera terpenuhi. "Kemudian, APD tersebut yang terdistribusi di wilayah maka APD tersebut diserahkan kepada Gugus Tugas yang ada di wilayah. Tentunya mereka yang lebih mengerti bagaimana ataupun di mana wilayah yang ada yang sangat membutuhkan APD. Sehingga gugus tugas daerah bisa memprioritaskan APD."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1301 seconds (0.1#10.140)