Hindari Corona, Sabun Lebih Efektif Dibandingkan Hand Sanitizer

Rabu, 25 Maret 2020 - 16:55 WIB
Hindari Corona, Sabun Lebih Efektif Dibandingkan Hand Sanitizer
Hindari Corona, Sabun Lebih Efektif Dibandingkan Hand Sanitizer
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengajak masyarakat untuk sering mencuci tangan untuk mencegah penularan virus Corona yang sedang mewabah di Tanah Air.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif dibandingkan hand sanitizer.

“Yang lebih penting dari itu semuanya adalah cuci tangan. Cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding dengan menggunakan hand sanitizer,” ungkap Yuri dalam Konferensi Pers di Graha BNPB, Jakarta (25/3/2020). (Baca Juga: Corona Kian Mengganas, 790 Orang Positif, 58 Meninggal Dunia)

Yuri mengatakan, ada alasan mengapa mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer.

“Karena dengan sabun kita akan menggunakan air yang mengalir, dan kita bisa membasuh seluruh celah-celah kuku dan sebagainya dengan baik, dibanding menggunakan hand sanitizer yang mungkin hanya telapaknya saja yang bisa dibersihkan punggung tangan dan sela-sela lebih sering tidak,” tuturnya.

Yuri juga mengingatkan tentang physical distancing atau jaga jarak fisik. “Ini artinya berpikir jangan sampai sakit. Yang pertama, jaga jarak. Jaga jarak dalam artian melakukan kontak physical ataupun sosial distancing. Namun, bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah pun diupayakan untuk bisa menjaga jarak. Kemudian kedua kalau ada yang sakit, gunakan masker," tutur Yuri.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9574 seconds (0.1#10.140)