Harus Ada Edukasi dalam Pembagian Masker dan Alat Kesehatan Lain

Senin, 23 Maret 2020 - 16:21 WIB
Harus Ada Edukasi dalam Pembagian Masker dan Alat Kesehatan Lain
Harus Ada Edukasi dalam Pembagian Masker dan Alat Kesehatan Lain
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono menyoroti kegiatan pendistribusian masker dan alat kesehatan lainnya secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Menurut Diaz mengingatkan, semua pihak harus memastikan masyarakat yang menerima alat kesehatan mengerti cara menggunakan dan membuang masker dengan baik, sesuai protokol dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

"Jika tidak dijalani dengan benar maka akan ada risiko penyebaran virus yang lebih tinggi. Pendistribusian tanpa edukasi hanya sia-sia," kata Diaz kepada SINDOnews, Senin (23/3/2020).

Diaz menambahkan, distribusi masker kepada masyarakat dengan cara berkumpul justru berisiko melipat gandakan penyebaran virus.

"Selain itu, hal ini tidak sesuai dengan arahan Presiden untuk melakukan social distancing," tutur dia.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP PKPI itu mengatakan jika masih bersikeras membagikan masker, sebaiknya hal ini sebisa mungkin diberikan kepada tenaga medis yang menangani orang sakit atau intitusi resmi yang sudah dipercaya pemerintah.

"Jika kalian ingin membantu membatasi penyebaran COVID-19, gampang kok sebenarnya. Lakukan social distancing dan tetap tinggal di rumah. Ikuti guidance dari WHO jika ingin membantu orang lain, dan ikuti arahan Presiden," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0335 seconds (0.1#10.140)