Perpanjang WFH, Menkominfo Ingatkan 4M dan Tetap Produktif

Minggu, 06 September 2020 - 21:04 WIB
loading...
Perpanjang WFH, Menkominfo Ingatkan 4M dan Tetap Produktif
Menkominfo Johnny G Plate mengingatkan sivitas kementeriannya untuk tetap bekerja produktif meski harus bekerja dari rumah (WFH). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan sivitas kementeriannya untuk tetap bekerja produktif meski harus bekerja dari rumah (WFH). Hal itu menyusul perpanjangan kebijakan WFH yang diumumkan hari ini.

“Penutupan Kantor Pusat Kominfo diperpanjang sampai 11 September 2020 ini dan akan mulai bekerja lagi pada 14 September 2020. Selanjutnya akan kita terus evaluasi keadaannya,” kata Johnny seperti keterangan tertulisnya yang diperoleh SINDOnews, Minggu (6/9/2020). (Baca juga: Karyawan Positif Corona, Kominfo Perpanjang WFH Hingga Pekan Depan)

Lebih lanjut, dia menegaskan pandemi Covid-19 bukan jadi halangan untuk menjalankan tugas dengan semangat. Sebaliknya, justru harus mendorong Kominfo semakin akseleratif dan produktif. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk kesehatan dan memulihkan kembali ekonomi. “Sambil tetap produktif dalam menjalankan tugas dan fungsi pokok Kominfo yang lain secara optimal, saya juga menekankan bahwa Covid-19 memang berbahaya, namun tidak akan membuat Kominfo melambat,” tegasnya.

Selama menjalankan WFH, dia meminta seluruh karyawan Kominfo tetap menerapkan protokol kesehatan 4M demi memutus penyebaran Covid-19. Pertama, memakai masker dengan benar setiap keluar rumah. “Pastikan masker menutup area hidung, area mulut hingga. Hindari menyentuh bagian luar masker dan jangan turunkan masker ke dagu. Masker adalah senjata penting kita untuk melawan penularan Covid-19. Dan akan jauh lebih baik jika dibarengi dengan penggunaan face shield,” paparnya. (Baca juga: Bertambah 3.444 Kasus, Jumlah Suspek Covid-19 di Indonesia 89.701 Orang)

Kedua, mencuci tangan dengan sabun secara teratur sebelum memegang area mata, area hidung dan mulut secara langsung. Termasuk ketika hendak mengganti dan memasang masker kembali. Berikutnya, lanjut Johnny, yaitu menjaga jarak antara 1,5-2 meter. Hindari pula sentuhan ketika berinteraksi dengan orang lain.Langkah lainnya yaitu menjauhi kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19. “Ini menjadi catatan penting karena di dalamnya juga terdapat imbauan untuk menunda kunjungan ke tempat-tempat ramai jika tidak diperlukan,” imbuh dia.

Politikus Partai Nasdem juga menilai, dengan melaksanakan semua hal itu, setiap sivitas kementerian akan memiliki kontribusi dalam pengendalian Covid-19 dan ikut serta membantu tenaga kesehatan melawan pandemi tersebut. “Dengan menjalankan kesemuanya di atas, kita sedang berkontribusi pada pengendalian Covid-19. Sekaligus menghargai kerja keras tenaga kesehatan di garis depan, yang sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 ini,” tambah dia.

Sebagai informasi, Kominfo telah menerapkan WFH sejak 28 Agustus lalu. Penerapan kebijakan itu diambil menyusul teridentifikasinya beberapa karyawan positif Covid-19. sampai hari ini, tercatat sebanyak 49 karyawan Kominfo dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Sebanyak 18 orang telah sembuh dan tidak ada yang dilaporkan meninggal.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)