Sikapi Corona, Ketum DMI Jusuf Kalla Instruksikan Jaga Kebersihan Masjid

Rabu, 04 Maret 2020 - 19:13 WIB
Sikapi Corona, Ketum DMI Jusuf Kalla Instruksikan Jaga Kebersihan Masjid
Sikapi Corona, Ketum DMI Jusuf Kalla Instruksikan Jaga Kebersihan Masjid
A A A
JAKARTA - Setelah wabah virus corona (Covid-19) masuk Indonesia, Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menginstruksikan kepada seluruh pengurus maupun takmir masjid maupun musala, agar setiap saat menjaga kebersihan wilayah lingkungan masjid maupun musala.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DMI Jusuf Kalla seusai memimpin rapat dengan para pengurus pusat maupun pengurus sayap Dewan Masjid Indonesia di Kantor DMI, Jalan Jenggala I, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/3/2020) sore.

JK, sapaan akrab Ketua Umum DMI tersebut, mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah Sanitasi Siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau Musala, dengan teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan cairan disinfektan, menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya dengan rutin dengan menggunakan vacuum cleaner alat pembersih lainnya, menjaga kebersihan tempat wudu dan toilet dengan cairan disinfektan, mengimbau para jamaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

"Para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/sesak napas agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh," ujarnya. (Baca Juga: Jubir Penanganan Corona Diharap Redam Kesimpangsiuran Informasi).

Selain itu, JK juga mengimbau pengurus DMI ikut mengawasi penyebaran/penularan virus corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid atau musala.

"Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus corona yang dapat tersebar melalui kontak badan ataupun bersentuhan langsung dengan orang yang sedang terjangkit virus corona," kata JK. (Baca Juga: Liburkan Sekolah dan Kampus Disebut Jadi Opsi Terakhir Hadapi Corona).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5896 seconds (0.1#10.140)