Moratorium Umrah, DPR Minta Menag Tak Asal Bicara

Sabtu, 29 Februari 2020 - 19:40 WIB
Moratorium Umrah, DPR Minta Menag Tak Asal Bicara
Moratorium Umrah, DPR Minta Menag Tak Asal Bicara
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis meminta Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tidak asal dalam mengeluarkan pernyataan menyikapi keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan sementara semua perjalanan umrah.

(Baca juga: DPR Minta Pemerintah Tegaskan Bebas Virus Corona ke Arab Saudi)

Iskan Qolba Lubis pun membeberkan pernyataan Fachrul Razi yang menimbulkan polemik, yakni pelarangan celana cingkrang dan cadar bagi pegawai negeri sipil (PNS).

"Jadi, menteri agama jangan asal ngomong lagi. Kan sering asal ngomong, dibilang yang cingkrang ini, yang apa ini, kan kacau semuanya," ujar Iskan Qolba Lubis dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Mengukur Efek Korona: Siapkah Kita?' di Hotel Ibis Tamarin, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020).

Sebab kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, Arab Saudi negara yang sensitif. "Jangan sampai omongan Menteri Agama bisa berdampak sama umrah kita," tuturnya.

Sehingga, dia menyarankan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi yang berbicara dengan Pemerintah Arab Saudi itu. Terlebih, Menlu dianggap biasa melakukan diplomasi.

"Jadi tolonglah saya kira Menteri Agama itu supaya suasana ini ditenangkan. Kasih dulu waktu dua tiga hari Saudi itu membereskan persiapan-persiapan dia," imbuhnya.

Diketahui, Pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan sementara semua perjalanan umrah. Keputusan larangan sementara itu diumumkan secara resmi oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di Twitter pada Kamis 27 Februari 2020 dini hari. Dalam pengumumannya, Pemerintah Arab Saudi mengaku khawatir pada penyebaran penyakit COVID-19 asal Wuhan, China.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5778 seconds (0.1#10.140)