alexametrics

DPR Lantik Pengganti Yasonna, Johnny G Plate dan Juliari Batubara

loading...
DPR Lantik Pengganti Yasonna, Johnny G Plate dan Juliari Batubara
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melantik tiga orang pengganti anggota DPR 2019-2024 yang mundur karena diangkat menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melantik tiga orang pengganti anggota DPR 2019-2024 yang mundur karena diangkat menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Tiga orang anggota baru DPR ini dilantik menggantikan Yasonna Laoly yang kini menjabat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Juliari P. Batubara (Menteri Sosial) dan Johnny G Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika).

Adapun ketiga orang yang baru dilantik adalah Irmadi Lubis dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Pemilihan Sumatera Utara I menggantikan Yasonna. Tuti N Roosdiono dari Fraksi PDIP daerah pemilihan Jawa Tengah I menggantikan Juliari.



Julie Sutrisno dari Fraksi Partai Nasdem daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I menggantikan Johnny.

"Sebelum memangku jabatan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, saudara-saudara wajib bersumpah, berjanji menurut agama masing-masing," ujar Ketua DPR Puan Maharani memulai prosesi sumpah jabatan di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Ketiga orang anggota DPR hasil pergantian antarwaktu (PAW) itu disumpah di bawah kitab suci agama mereka masing-masing. "Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata mereka mengucapkan sumpah.

Puan Maharani memimpin rapat paripurna didampingi oleh para wakilnya, Aziz Syamsuddin, Muhaimin Iskandar, Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel.

"Berdasarkan catatan dari sekretariat jenderal DPR telah dihadiri 300 anggota maka berdasarkan mekanisme Tata Tertib, telah memenuhi kuorum dalam pengambilan keputusan di rapat paripurna hari ini," ujar Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin. (Baca juga: Kubu Zulhas Bingung dengan Pernyataan Amien Rais)

Selain pelantikan tiga orang anggota baru DPR, rapat paripurna mengagendakan pidato penutupan masa sidang. Mulai 28 Februari 2020 sampai 22 Maret 2020, DPR memasuki Masa Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak