alexametrics

Masih Ada Korupsi, Demokrasi Indonesia Jalan di Tempat

loading...
Masih Ada Korupsi, Demokrasi Indonesia Jalan di Tempat
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat berbicara dalam dalam acara Local Leader Forum yang digelar SINDO Media. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A+ A-
SUKABUMI - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut proses demokrasi di Indonesia akan berjalan di tempat atau gagal jika pemimpin daerah maupun pemerintah masih melakukan korupsi.

Hal itu diungkapkan Nurul saat menjadi narasumber dalam acara Local Leader Forum yang digelar SINDO Media. Acara bertajuk Hambatan dan Tantangan Reformasi Birokrasi dalam Mendorong Investasi 2020 di Lido Lake Resort, Jalan Raya Bogor, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020).

"Ini semua yang mengakibatkan proses demokrasi kita masih gagal. Karena Demokrasi yang gagal melahirkan pemimpin-pemimpin yang gagal sehingga birokrasinya belum (baik-red)," ujar Ghufron dalam acara tersebut. (Baca juga: Gelar Local Leader Forum, SINDO Media Ingin Lahirkan Pemimpin Bangsa)



Ghufron juga mengingatkan pentingnya reformasi birokrasi khususnya untuk pemimpin daerah. Namun, dirinya menilai reformasi tidak berjalan baik karena tidak memberikan layanan sepenuhnya kepada masyarakat.

"Mestinya aparatur negara aparatur melayani aparatur yang memudahkan memfasilitasi itu mengakibatkan bangsa kita tidak begitu aparaturnya karena memang di sebagian alam sadarnya bukan untuk melayani tapi kemudian untuk memperdagangkan layanannya," tuturnya.

Alhasil pelayanan kepada masyarakat semakin lambat. Maka hal itu berdampak terhadap investasi di daerah tersebut.

Selain dihadiri Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, hadir juga sebagai narasumber Sekertaris Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Didi Sudiana.

Peserta Local Leader Forum ini terdiri atas 34 peserta Indonesia Visionary Leader dan tamu undangan SINDO Media. Malam harinya akan diadakan juga malam penghargaan bagi para pemimpin daerah yang telah memaparkan visi misinya pada Indonesia Visionary Leader.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak