Menag Akui Masalah Rumah Ibadah Cukup Besar

Rabu, 26 Februari 2020 - 15:47 WIB
Menag Akui Masalah Rumah Ibadah Cukup Besar
Menag Akui Masalah Rumah Ibadah Cukup Besar
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengakui masalah pelarangan pendirian rumah ibadah maupun perusakannya cukup besar. Fachrul Razi mengaku sudah punya formula untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Tentang rumah ibadah kami, sudah coba pola baru, mudah-mudahan bisa lebih baik. Kebetulan kami kalau ditanya pasti kami mengatakan masalah rumah ibadah kecil sekali. Tapi sebetulnya kalau kita inventarisasi di lapangan memang cukup besar," ujar Fachrul Razi dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Jenderal TNI purnawirawan ini mengungkapkan, kementeriannya akan mencoba mengeliminasi masalah tersebut sebelum muncul ke permukaan masyarakat. "Ini yang sudah kami lakukan. Beberapa tempat sudah mulai baik, jalan. Dan kami akan coba ke depan," ujarnya.

Sebab, kata dia, masalah rumah ibadah itu jika muncul ke permukaan akan dimanfaatkan berbagai pihak. Akibatnya, muncul pula berbagai persoalan lainnya, seperti munculnya gengsi dan unsur politik. (Baca Juga: Masalah Rumah Ibadah, Jokowi Tugaskan Mahfud dan Idham).

"Sehingga ke depan kita coba untuk mengatasinya lebih awal sebelum dia muncul ke permukaan. Sudah kami inventarisasi di semua seluruh Indonesia nanti akan kami mulai dari tempat-tempat tertentu yang menjadi skala prioritas," katanya.

Penjelasan Fachrul Razi itu menjawab pertanyaan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. "Masih terjadinya konflik dalam proses pendirian rumah ibadah dan perusakan rumah ibadah di berbagai daerah," ujar Yandri Susanto.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, Indonesia adalah negara Pancasila dan memiliki keragaman. "Saya kira ini negeri Pancasila tidak boleh lagi terjadi Pak Menteri. Nah, ini bagaimana rumusan kita supaya tidak salah paham dan salah yang paham, Pak, di tengah-tengah masyarakat," kata Yandri.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9009 seconds (0.1#10.140)