Jokowi Minta Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Genjot Belanja APBD

Selasa, 25 Februari 2020 - 14:40 WIB
Jokowi Minta Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Genjot Belanja APBD
Jokowi Minta Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Genjot Belanja APBD
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mengawal realisasi anggaran daerah. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi dampak virus Corona terhadap perekonomian Indonesia.

Jokowi meminta Tito agar mengingatkan kepala daerah untuk segera melakukan belanja anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Untuk Menteri Dalam Negeri, sekali lagi saya mengingatkan agar diingatkan kepada gubernur, bupati, wali kota agar segera merealisasikan belanja APBD-nya di daerah masing-masing,” ujarnya saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Percepatan realiasasi belanja juga kembali didorong Jokowi untuk kementerian/lembaga. Misalnya saja dana desa diminta agar segera dipercepat pencairannya.

“Pastikan mengenai percepatan pencairan dana desa. Saya tahu beberapa sudah sampai di desa tetapi segera dorong mereka agar belanja sesuai dengan rencana yang sudah mereka miliki,” ucapnya.

Jokowi juga kembali meminta agar program-program perlindungan sosial dan bantuan sosial segera dieksekusi. Dalam hal ini baik program keluarga harapan (PKH) maupun bantuan sosial lainnya. Dia juga meminta agar program padat karya kembali digenjot sehingga dapat berdampak langsung pada ekonomi masyarakat.

“Program padat karya yang berdampak langsung kepada masyarakat itu dilakukan kembali. Saya kira ini di Kementerian PUPR, di Kementerian BUMN, di Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian dalam membangun irigasi misalnya, KKP. Saya minta dipercepat realisasinya,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6863 seconds (0.1#10.140)