alexametrics

Lima Politikus Muda Ini Diprediksi Bersinar di 2024

loading...
Lima Politikus Muda Ini Diprediksi Bersinar di 2024
Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam memprediksi ada lima politikus muda yang potensial bersinar di tahun 2024 mendatang. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam memprediksi ada lima politikus muda yang potensial bersinar di tahun 2024 mendatang. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPR Puan Maharani, dan Putra Sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Untuk bisa prediksi siapa politikus muda yang bersinar di 2024 setidaknya ada beberapa hal yang akan berpengaruh yaitu rekam jejak, dan kecakapan politik," ujar Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Jumat (21/2/2020).

Dia mengatakan, rekam jejak dan kecakapan politik akan berpengaruh terhadap popularitas dan elektabilitas. "Misalnya perihal rekam jejak sukses story dan kecakapan politik seperti pandai memanfaatkan momentum politik untuk menaikkan daya tawar politiknya," katanya.



Selain itu, kata dia, dukungan partai politik (Parpol) juga menjadi variabel penting. Karena, lanjut dia, tanpa dukungan Parpol, mustahil bisa ikut dalam kontestasi elektoral.

"Jika melihat dari deretan tokoh muda yang potensial muncul Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Puan Maharani, AHY merupakan lima sosok paling potensial," ungkapnya.

Namun, hal tersebut kata dia masih bersifat tentatif. "Tapi lima sosok tersebut memiliki ketiga kriteria tersebut," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan perubahan politik akan terjadi pada 2024. Generasi tua akan menepi, digantikan oleh anak-anak muda. Dikatakan Mega, 2024 sebagai regenerasi politik.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak