Program Barifola Upaya Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong

Senin, 17 Februari 2020 - 21:01 WIB
Program Barifola Upaya Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong
Program Barifola Upaya Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong
A A A
JAKARTA - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman menyerahkan bantuan rumah dari program Barifola (bangun rumah secara gotong royong) yang digagas Ikatan Keluarga Tidore (IKT) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Hingga saat ini, program Barifola sudah menyerahkan sebanyak 222 rumah. Terakhir di di Kelurahan Tabam Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut). Penyerahan kunci rumah diberikan langsung oleh Burhan Abdurahman yang juga merupakan Ketua IKT Malut, kepada keluarga Rusli Naser.

(Baca juga: Menaker Ida Tinjau Langsung Ujian CPNS Kemnaker)

Burhan Abdurahman mengatakan, program Barifola yang mulai dilakukan sejak tahun 2008, merupakan sebuah gerakan kemanusiaan untuk membantu keluarga kurang mampu. Progran ini, sudah merambah sembilan Kabupaten dan Kota di Maluku Utara.

"Kita sudah membangun 222 rumah yang tersebar di berbagai Kabupaten dan Kota, mulai dari Morotai, Tobelo, Halbar, Tidore, Halteng, Haltim, Sula, Halsel dan malam ini di Ternate," kata Burhan, Senin (17/2/2020).

Program ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan, kebersamaan dan kekeluargaan antara pengurus IKT dengan masyarakat.

"Selain itu, melalui program kemanusiaan Barifola, kita berharap, dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu," terang Burhan.

Menurutnya, salah satu esensi program Bafifola adalah membangkitkan kembali semangat gotong royong yang merupakan warisan para leluhur.

"Di era modern seperti sekarang, semangat gotong royong mulai berkurang, kita berharap, dengan program Barifola, semangat gotong rpyomg yang menjadi budaya nenek moyang kota, dapat terjaga dan terus berkembang," tuturnya.

Program kemanusiaan Barifola, lanjut Burhan, akan terus dilakukan oleh para mujahid dan pengurus IKT. " Pada kesempatan ini, saya meminta seluruh masyarakat untuk terus mendoakan para mujahid agar tetap sehat, kuat agar program ini terus dilakukan," harapnya.

Usai menyerahkan kunci rumah Barifola ke-222, ketua dan sekretaris IKT bersama keluarga Rusli Naser meninjau rumah yang baru dibangun para mujahid Barifola.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6344 seconds (0.1#10.140)