alexametrics

Jokowi Ingin Pariwisata Indonesia Lampaui Negara Tetangga

loading...
Jokowi Ingin Pariwisata Indonesia Lampaui Negara Tetangga
Presiden Jokowi menginginkan pariwisata Indonesia mampu melampui negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Singapura. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan peringkat daya saing pariwisata Indonesia dalam Travel and Tourism Competitiveness Index dari tahun ke tahun memang semakin baik.

Tercatat, pada 2015 Indonesia berada pada peringkat 50, kemudian naik menjadi peringkat ke-42 pada 2017, dan naik lagi menjadi peringkat ke-40 pada 2019.

Meski demikian, peringkat Indonesia tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga di ASEAN seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. "Kalau dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita, misalnya Singapura berada di peringkat 17, Malaysia 29, dan Thailand 31,” katanya saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden (17/2/2020).



Dia menekankan pentingnya memperbaiki empat subindeks dan 14 pilar yang menjadi tolok ukur indeks daya saing pariwisata dunia. Jokowi menyebut dalam indeks tersebut Indonesia memiliki lima keunggulan dibandingkan negara lain.

Di antaranya berkaitan dengan daya saing harga, prioritas kebijakan, daya tarik alam, keterbukaan, serta daya tarik budaya dan kunjungan bisnis. "Kita masih lemah dalam lima pilar lainnya yaitu, di bidang lingkungan yang berkelanjutan, kesehatan dan kebersihan, infrastruktur pariwisata, ini yang dalam pembenahan terus, kemudian keamanan, kemudian yang juga masih kurang di kesiapan teknologi informasi. Saya kira catatan-catatan ini harus kita jadikan kita dalam bekerja ke depan dengan target-target yang terukur dan jelas," katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak