alexametrics

Cerita Prada Wilyam Selamatkan Penumpang Kapal yang Jatuh ke Laut

loading...
Cerita Prada Wilyam Selamatkan Penumpang Kapal yang Jatuh ke Laut
Prada Wilyam Keni Muai. Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A+ A-
JAKARTA - Prada Wilyam Keni Muai, satu dari tujuh prajurit Kostrad membeberkan proses penyelamatan terhadap seorang pemuda yang jatuh dari kapal, Dedi Bagus Setiawan. Dedi (24) merupakan penumpang Kapal Leuser yang terjatuh di Laut Banda, Minggu, 9 Februari 2020.

Prada Wilyam mengatakan, cuaca saat siang menjelang sore begitu buruk. Cuaca gelap, petir menyambar dan ombak tinggi di laut Makassar. Ia berada di Kapal Leuser bersama korban. Perjalanan itu dalam rangka pergeseran pasukan dari Makassar menuju Timika, Papua. "Tiba-tiba saya kaget mendengar penumpang kapal berteriak bahwa ada satu penumpang yang jatuh," kata Wilyam di Mako Kostrad, Senin (17/2/2020).

Mendengar kabar itu, nakhoda kapal langsung berbalik arah. Kebetulan, Prada Wilyam melihat korban lebih dulu. Tanpa pikir panjang, pria asal Serui itu pun langsung terjun. "Kami mempunyai niat dan keyakinan bisa menolong orang tersebut, sehingga kami mengambil diri tanpa perintah atau inisiatif terjun ke laut menolong korban," tuturnya. (Baca juga: Selamatkan Penumpang Kapal, 7 Prajurit Kostrad Terima Penghargaan dari Pangkostrad).



Saat ditanya apakah ada rasa takut yang dialami sebelum menolong, ia pun menjawab bahwa ketakutan sirna ketika melihat korban meminta tolong. "Namanya manusia tentu ada rasa takut. Tapi nyawa korban lebih berharga," tutupnya.

Diketahui, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, memberikan penghargaan kepada tujuh prajurit Divisi Infanteri 3 Kostrad. Ketujuh prajurit dua (prada) Kostrad ini telah melakukan aksi heroik.

Mereka telah menyelamatkan nyawa Dedi Bagus Setiawan (24), yang tenggelam di tengah laut, pada Minggu (9/2/2020). Saat itu, Dedi Bagus Setiawan sedang menumpangi Kapal Leuser Jakarta tujuan Pelabuhan Namrole dan tiba-tiba tenggelam di tengah laut.

"Saya selaku Panglima Kostrad memberikan satu apresiasi kepada tujuh prajurit," kata Harto, sapannya, di Markas Kostrad, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020) pagi. (Baca juga: Aksi Heroik 7 Prajurit Kostrad Selamatkan Penumpang yang Jatuh di Tengah Laut).

Ketujuh prajurit Kostrad yang meraih penghargaan ini adalah Prada Wilyam Keni Muai, Prada Musa Andi, Prada La Hasdin, Prada Arjan Sibela, Prada Marman, Prada Laode, dan Prada Wahyudi.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak