Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Skenario Penanganan Corona

Selasa, 04 Februari 2020 - 14:35 WIB
Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Skenario Penanganan Corona
Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Skenario Penanganan Corona
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk menyiapkan skenario dalam penanganan virus corona. Hal ini harus dipersiapkan agar tidak tergagap dalam penanganan bencana nonalam tersebut. (Baca juga: Menkes Pastikan Ratusan WNI dari Wuhan Sehat)

“Ini bencana nonalam. Hati-hati dengan ini. Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Mudah-mudahan tidak terjadi di negara kita,” kata Jokowi saat membuka Rakornas Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul International Convention Center (SICC).

Dia mengatakan, dengan adanya skenario maka akan jelas tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan. “Kalau terjadi harus punya skenario apa, penyiapan apa, dimana, dikerjakan apa. Step-step itu harus kita miliki. Karena kalau tidak kita akan tergagap-gagap,” ungkapnya. ( Baca juga: Mahfud MD Minta Warga Natuna Tak Termakan Isu Hoaks Soal Virus Corona)

Pada kesempatan itu Jokowi mengungkapkan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China berlangsung begitu cepat. Hal ini dilakukan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan BNPB. Termasuk juga Panglima TNI dan kapolri.

“Dalam mengevakuasi WNI kita yang berada di Provinsi Hubei, Wuhan untuk dibawa kembali ke Tanah Air dalam kecepatan yang sangat cepat, diputuskan cepat, dan dilaksanakan juga sangat cepat. Hal seperti ini yang saya apresiasi. Kecepatan-kecepatan seperti itu,” katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9656 seconds (0.1#10.140)