DPR Tekankan Menkes Tingkatkan Sosialisasi Waspada Corona

Senin, 03 Februari 2020 - 21:15 WIB
DPR Tekankan Menkes Tingkatkan Sosialisasi Waspada Corona
DPR Tekankan Menkes Tingkatkan Sosialisasi Waspada Corona
A A A
JAKARTA - Komisi IX DPR mengapresiasi tindakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama kementerian/lembaga (K/L) lain dalam penanganan virus Corona (2019-nCov) khususnya dalam pemulangan WNI dari Wuhan, China.

Hal ini dikatakan, oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR selaku Pimpinan Sidang Melkiades Laka Lena membacakan kesimpulan Raker di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

(Baca juga: Menkes Lakukan Political Healing bagi Warga di Natuna Soal Corona)

Melki melanjutkan, Komisi IX DPR mendesak Kemenkes melakukan sosialisasi secara masif dan intensif dengan melakukan Komunikasi, lnformasi, dan Edukasi (KIE) terkait upaya promotif dan preventlf virus Corona, serta upaya kuratif dan rehabilitatif yang akan dilakukan jika terdapat pasien terduga (suspect) Corona.

"Sehingga masyarakat selalu mendapatkan pembaruan informasi yang benar, jelas dan tepat," terangnya.

Komisi IX DPR juga mendesak Kemenkes untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi penyakit infeksi baru (emerging disease) terutama virus 2019-nCoV dalam upaya deteksi dini, upaya pencegahan dan upaya respons secara holistik baik dari regulasi, kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dan sarana prasarana, serta tenaga medis dan tenaga kesehatan.

"Komisi IX DPR mendesak Kementerian Kesehatan RI untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait lainnya dan pemerintah daerah da|am upaya penanganan di Indonesia dan perlindungan kesehatan WNI di luar negeri terkait novel coronavirus," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3922 seconds (0.1#10.140)