Misi Mulia Penjemputan WNI dari Wuhan, China

Sabtu, 01 Februari 2020 - 17:04 WIB
Misi Mulia Penjemputan WNI dari Wuhan, China
Misi Mulia Penjemputan WNI dari Wuhan, China
A A A
TANGERANG - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L. P. Marsudi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto melaksanakan upacara pelepasan Satgas Penjemputan Warga Negara Indonesia (WNI) di Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020) (Baca juga: 42 Orang Tim Evakuasi WNI Diberangkatkan ke Wuhan)

Sebanyak 42 anggota Tim Evakuasi WNI yang terdiri dari unsur-unsur Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TNI dan crew pesawat Batik Air diberangkatkan menggunakan maskapai Batik Air jenis Airbus A330-300. (Baca juga: Ini Jadwal Evakuasi WNI dari Wuhan ke Batam)

”Kita sekarang bersama tim penjemput dalam keadaaan sehat untuk keluar dari Wuhan dan tempat-tempat lain di Provinsi Hubei dan mereka senang akan pulang ke Tanah Air. Sebelum keberangkatan mereka, serangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat," ujar Retno. (Baca juga: WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Bakal Diisolasi di Natuna)

Mengingat situasi ini bukan situasi yang normal maka kedisiplinan penanganan protokol kesehatan akan terus diberlakukan. Kedisiplinan ini dilakukan termasuk selama perjalanan ketibaan dan pascaketibaan. ”Protokol kesehatan juga berlaku ketat bagi crew pesawat dan bagi pesawat itu sendiri setelah ketibaan,” katanya. (Baca juga: Menkes Pastikan Ratusan WNI dari Wuhan Sehat)

Reno menambahkan, wakil negara Indonesia yang ada di beberapa titik di Provinsi Hubei sudah mulai bergerak menuju Wuhan antara lain dari titik Kota Enzi yang jaraknya 542 kilometer , titik Zhingzo yang jaraknya 222 kilometer dari Airport Wuhan. ”Jumlah WNI kita yang akan kembali dengan tim penjemput adalah 245 orang plus 5 orang dari tim aju kita. Jadi totalnya 500 orang yang akan naik dari Wuhan,” katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9274 seconds (0.1#10.140)