Sejumlah Mahasiswa UI Raih Prestasi di Awal 2020

Kamis, 30 Januari 2020 - 14:56 WIB
Sejumlah Mahasiswa UI Raih Prestasi di Awal 2020
Sejumlah Mahasiswa UI Raih Prestasi di Awal 2020
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dan global melalui Kompetisi 'Deloitte Tax Challenge Competition' dan 'Global Goals Summit 2020'. Ini adalah prestasi awal tahun 2020 yang diraih mahasiswa UI.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Rosari Saleh mengatakan, ada 10 mahasiswa UI terpilih untuk mengikuti Global Goals Summit 2020. Acara ini digelar oleh Studec International bekerja sama dengan SDG's Youth Action United Nation.

"Acara tahunan tersebut diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan diikuti oleh 160 peserta dari 31 negara, di antaranya China, India, Pakistan, Ekuador," katanya, Kamis (30/1/2020).

Prestasi UI di ajang Global Goals Summit tahun ini mengalami peningkatan dari tahun 2019. Tahun lalu, UI meloloskan enam mahasiswa dengan menyabet dua penghargaan. Tahun 2020 ini, UI meloloskan 10 mahasiswa. "Dan tiga mahasiswa memperoleh penghargaan yaitu Amelia Maharani Kartika (FIK 2015), Yulia Ika Winria (FIK 2016), dan Dimas Rafid Tepal (FISIP 2017)," ucapnya.

Pada kegiatan tersebut Amelia Maharani Kartika mendapatkan predikat Best Idea dengan topik tentang pengurangan angka kematian ibu dan janin. Kemudian Yulia Ika Winria mendapatkan predikat Best Idea dengan topik tentang penggunaan Pop Culture sebagai bagian untuk mempromosikan kesehatan.

"Sedangkan Dimas Rafid mendapat penghargaan sebagai Best Essay dengan judul tulisan 'Strategi Pemberdayaan Kelompok Refugees di Asia Tenggara," tambah Rosari.

Global Goals Summit adalah kegiatan tahunan yang menjadi ruang bagi para pemuda dari berbagai negara mengembangkan ide mengenai Sustainable Development Goal's (SDG’s), dengan harapan dapat menyusun langkah-langkah sebagai agen perubahan global. "Keikutsertaan mereka pada kompetisi tersebut dimulai dari pengiriman personal statement terhadap pemahaman dan perhatian para mahasiswa terhadap isu SDG's," katanya.

Rosari menambahkan, prestasi juga diraih mahasiswa FIA UI. Mereka memenangkan Juara 1 Deloitte Tax Challenge Competition. Mereka adalah Atika Astri, Dini Dubelmar, Fajri Nur Amin Basyeban, dan Irsyad Hadi Prasetyo.

"Mereka akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang yang sama di tingkat ASEAN," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6712 seconds (0.1#10.140)