alexametrics

Herman Hery Nilai Langkah Menkumham Pecat Ronny Sompie Tepat

loading...
Herman Hery Nilai Langkah Menkumham Pecat Ronny Sompie Tepat
Ketua Komisi III DPR sekaligus Politisi PDIP Herman Hery. Foto/SINDO/Yulianto
A+ A-
JAKARTA - Pemecatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ronny Sompie oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly didukung Ketua Komisi III DPR sekaligus Politisi PDIP Herman Hery. Menurutnya, apa yang dilakukan Ronny Sompie telah menimbulkan polemik di masyarakat.

"Saya menilai langkah Menkumham sudah tepat. Selain karena telah menimbulkan kontroversi dan polemik di tengah masyarakat, saat ini Kemenkumham juga sedang membentuk Tim Independen yang mengusut delay system yang terjadi di Imigrasi Soekarno Hatta," kata Herman saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Herman berpandangan, pemecatan Ronny Sompie ini diperlukan agar tidak terjadi konflik kepentingan antara Tim Independen Gabungan Pencari Fakta Harun Masiku dengan Dirjen Imigrasi.



"Langkah ini bertujuan agar tidak terjadi konflik kepentingan antara Tim Independen dan Dirjen Imigrasi dalam pengusutan hal tersebut," ujarnya. (Baca juga: Langkah Menkumham Terkait Harun Masiku Bikin Publik Bingung).

Selain itu, Herman juga meminta Menkumham untuk segera melaporkan hasil kerja tim independen gabungan tersebut secara terbuka kepada publik. Harapanya, error system seperti ini tidak terulang kembali di waktu yang akan datang.

"Untuk lebih jelasnya, kita akan bersama-sama dengar keterangan Menkumham pada Rapat Kerja dengan Komisi III yang akan diagendakan minggu depan," tandasnya.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak