alexametrics

DPR Minta Pemerintah Cegah Turis China Masuk Indonesia

loading...
DPR Minta Pemerintah Cegah Turis China Masuk Indonesia
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar sebaiknya pemerintah mencegah masuknya turis asal China ke Indonesia menyusul merebaknya virus corona. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyoroti penyebaran virus Corona (2019-nCov) asal Wuhan, China yang sudah mencapai negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia. Dia mengusulkan agar sebaiknya pemerintah mencegah masuknya turis asal China ke Indonesia.

“Hari ini saya dengar ada 160 turis asal China yang masuk ke Sumateta Barat padahal, menurut saya pemda bisa saja koordinasi dengan pemerintah pusat atau mengambil langkah karena, ini (Corona) belum ada penangkalnya,” kata Dasco, Minggu (26/1/2020). (Baca juga: Heboh Virus Corona, Pemerintah Diminta Periksa Ketat Turis Asal China)

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, pemerintah Indonesia perlu mengambil langkah preventif sama dengan beberapa negara lainnya dalam rangka mencegah masuknya virus yang tergolong baru tersebut. “Perlu juga langkah preventif sama seperti negara lain yang kemudian melakukan tindakan pencegahan seperti Filipina,” usulnya. (Baca juga: Pemerintah Diminta Tak Anggap Remeh Virus Corona)

Karena itu, Dasco menyayangkan sikap Gubernur Sumbar yang membiarkan 160 turis asal China itu menetap di Sumbar. Dia khawatir jika ada di antara turis tersebut membawa virus itu dan menularkannya pada masyarakat Sumbar. “Seharusnya hari ini Gubernur Sumbar meminta kepada turis tersebut untuk tidak stay di Sumbar. Karena, apabila di sana ada yang terkena kemudian menyebar di sana begitu kan bisa dengan cepat menyebar ke daerah lain, daerah Sumatera misalnya,” sesalnya. (Baca juga: Kemenkes: Masker Bukan Satu-satunya Solusi Cegah Virus Corona)



Dia menambahkan, tindakan preventif memang (perlu), demi menjaga rakyat Indonesia yang banyak ini adalah sementara tidak menerima dulu (turis China) menurut saya,” tambah Dasco.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak