alexametrics

Hari Ini, Koran SINDO Soroti Wabah Peneumonia Wuhan

loading...
A+ A-
JAKARTA - Koran SINDO edisi Senin (20/2/20) menyoroti soal wabah penumonia Wuhan yang sudah menyebar ke Thailand dan Jepang. Patut diakui, dunia internasional mulai panik karena pemerintah China dinilai tak jujur dalam mengungkap wabah tersebut.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh berharap agar pemerintah segera mengantisipasi penyebaran wabah pneumonia dari Wuhan tersebut. Menurut dia, gerak cepat diperlukan karena mobilisasi manusia antar negara juga berlangsung cepat sehingga penyebaran pneumonia pun bisa ber langsung cepat.

Dia pun mengaparesiasi langkah Kemenkes yang memasang thermal detector dan menyiagakan satuan kesehatan dibandara internasional dan pelabuhan. Selain ke Kemenkes, dia juga meminta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) turut memaksimalkan pelayanannya.



Akhir pekan lalu Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengaku telah menyiagakan seluruh satuan kesehatan di bandara internasional dan pelabuhan guna mengantisipasi penyebaran pneumonia berat asal China yang sudah mencapai Bangkok dan Jepang.

“Memang kita sekarang baru menghadapi kewaspadaan yang tinggi pneumonia di Wuhan (China) di mana sudah masuk di Bangkok dan Jepang. Ada pun kasus positif sementara di Singapura belum jelas,” kata Terawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat(17/1).

Lebih jauh Terawan mengaku sudah mempersiapkan skenario jika sampai pneumonia itu masuk ke Indonesia, pihaknya siap melakukan isolasi dan tindakan lain. “Karena ini hal yang sangat riskan kalau masukke Indonesia. Kalau terlanjur masuk kita akan lakukan tindakan isolasi dan sebagainya. Kita sudah siapkan. Jadi tindakan itu sudah dilakukan,” terangnya.

Pemerintah China tampaknya tidak sepenuhnya mengungkapkan kasus tersebut. Kabar tentang wabah pneumoniadi situs jejaring sosial Weibo dikontrol ketat sejak pekan lalu. Weibo memfilter konten informasi mengenai pneumonia karena dianggap sensitif. Memang terdapat sensor ketat mengenai informasi tersebut.

Merespons ancaman wabah tersebut, otoritas bandara di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Asia juga telah memasang pemindai penumpang dari Wuhan. Langkah tersebut sebagai upaya untuk mendeteksi warga China yang mengalami gejala pneumonia.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak