alexametrics

Try Out Ruangguru untuk Hadapi UNBK April Mendatang

loading...
Try Out Ruangguru untuk Hadapi UNBK April Mendatang
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilaksanakan April mendatang. Untuk itu siswa yang duduk di kelas VI, IX dan XII harus lebih banyak latihan mengerjakan soal-soal ujian.
A+ A-
JAKARTA - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilaksanakan April mendatang. Untuk itu siswa yang duduk di kelas VI, IX dan XII harus lebih banyak latihan mengerjakan soal-soal ujian.

Aplikasi Ruangguru yang concern terhadap peningkatan mutu pendidikan terus melakukan try out di sekolah-sekolah. Seperti di sekolah SMP N 158 Jakarta di Jalan Tubagus Badaruddin, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, beberapa waktu lalu.

Ratna Mayasaroh siswa SMP 158 mengungkapkan rasa sanang dan deg-degan mengikuti try out yang diselenggarakan Ruangguru di sekolah. Karena menurutnya seperti ujian yang sesungguhnya. Bedanya menggunakan smartphone, sedangkan UNBK pakai komputer.

"Saya deg-degan karena tidak ada persiapan, tapi bisa juga mengerjakan soal Bahasa Indonesia, ini bisa untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nanti dan dengan Try Out seperti ini bisa belajar lebih giat lagi, karena di Ruangguru langsung ketahuan nilainya, jadi kalau nilainya jelek bisa terus latihan dan enaknya lagi soalnya selalu berbeda-beda kalau ingin latihan lagi," tuturnya usai try out.

Dengan banyak latihan katanya, akan lebih siap lagi untuk menghadapi ujian akhir daripada buka-buka buku, karena yang sudah-sudah karena kurangnya latihan jadi 'grogi' akhirnya kurang kosentrasi.

Muhammad Ilham, siswa SMP 158 lainnya, mengatakan sangat menyukai try out yang diselenggarakan Ruangguru. "Try out Ruangguru bikin tambah semangat belajar dan nilainya bagus-bagus sehingga dapat diterima di SMA negeri," kata Ilham.

Dengan Ruangguru kata Ilham, dapat membuka wawasan lebih banyak karena di Ruangguru banyak contoh-contoh soal yang bisa untuk latihan. Apalagi soal-soal mata pelajaran Matematika, karena pelajaran ini yang sering nilainya jelek, maka dengan Ruangguru dapat sering melakukan latihan.

Ilham berharap Ruangguru semakin intens membuat soal-soal dan menyelenggarakan try out.
Sementara itu, Gama Rino, guru SMP 185, menyebut Ruangguru dapat memberikan semangat anak-anak semakin tambah dalam belajarnya, sehingga lebih siap menghadapi ujian nanti.

"Ruangguru sangat bagus dan sangat membantu karena sekolah kami berada di lingkungan menengah ke bawah, sehingga mereka tidak bisa ikut bimbingan belajar (Bimbel) dengan adanya Ruangguru dapat membantu sekali dalam meningkatkan belajar anak-anak," tuturnya.

Menurutnya, mata pelajaran matematika yang menjadi momok bagi anak-anak. "Karena itu saya berharap anak-anak bisa berlanjut latihan di Ruangguru tidak hanya di try out aja, karena mereka akan menghadapi ujian di bulan April, jadi anak-anak hanya memiliki waktu 3 bulan untuk menghadapi ujian nasional. Dengan sering latihan soal-soal mereka lebih siap untuk menghadapi ujian dan nilai-nilainya bagus-bagus."

Sedangkan Jihan konsultan Ruangguru mengatakan, try out ini bertujuan memberikan pengetahuan soal-soal ujian nasional karena dengan Ruangguru siswa lebih tahu macam-macam soal yang akan dihadapi ujian nanti, karena soal-soal yang ada di Ruangguru sudah memiliki standar pemerintah dan standar olympiade.

"Dengan Ruangguru mereka akan lebih disiplin dan melatih siawa untuk manajemen menghadapi ujian, dengan adanya try out ini anak-anak lebih tahu macam-macam soal latihan ujian, walaupun nanti pemerintah juga mengadakan try out," ungkapnya. [syarif wibowo]
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak