alexametrics

Kedubes AS Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem bagi Warganya di Indonesia

loading...
Kedubes AS Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem bagi Warganya di Indonesia
Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Banjir besar melanda perumahan tersebut sejak Rabu (1/1/2020) lalu akibat hujan deras mulai Selasa (31/12/2019). Banjir juga menyeret dan merendam mobil-mobil dalam perumahan. Tim SAR gabungan terus melakukan eva
A+ A-
JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan dini bagi warganya yang berada di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga 12 Januari 2020.

Dalam website resminya, id.usembassy.gov menyebutkan Jakarta dan daerah sekitarnya diperkirakan akan mengalami hujan sangat lebat sepanjang hari dan badai halilintar. (Baca juga: Data Terbaru Korban Banjir dan Longsor di Jabodetabek dan Lebak)

Untuk mengantisipasi badai dan angin kencang yang mungkin menyebabkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit, warga Amerika diminta untuk menyiapkan langkah-langkah antara lain, menyiapkan rencana tanggap darurat dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di https://www.ready.gov/ untuk membuat rencana bagi keluarga, pekerjaan, dan sekolah.



Kemudian, Kedubes Amerika Serikat juga meminta warganya untuk memantau perkembangan terkini melalui media lokal dan mewaspadai lingkungan sekitarnya serta memantau informasi dari otoritas cuaca Indonesia melalui website https://www.bmkg.go.id/.

” Kunjungi peta bencana untuk mengetahui informasi terkini tentang daerah banjir. Daftarkan diri Anda dalam Program Pendaftaran Pelancong Cerdas (LANGKAH) untuk menerima pembaruan keamanan,” tulis peringatan dini dalam website tersebut.

Tidak hanya itu, Kedubes Amerika juga mengimbau warganya untuk mengikuti Konsulat Jenderal AS di Surabaya melaluui akun Twitter dan Facebook dan Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook. (Baca juga: ACT Lepas Armada Bantuan untuk Korban Banjir Jabodetabek)

Dalam website tersebut, Kedubes juga mencantumkan pos bantuan yakni,

U.S. Embassy Jakarta, Indonesia
• +62-21-5083-1000
• https://id.usembassy.gov/
• JakartaACS@state.gov

U.S. Consulate General Surabaya, Indonesia
• +62-31-297-5300 or +62-21-5083-1000 after hour
• https://id.usembassy.gov/embassy-consulates/surabaya/
• SurabayaACS@state.gov

U.S. Consular Agency in Bali, Indonesia
• +62-361-233-605 or +62-21-5083-1000 after hour
• CABali@state.gov
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak