Jokowi-Prabowo Mesra, Pengamat: Pesannya Agar dalam Pilpres Tak Terlalu Fanatik

Kamis, 02 Januari 2020 - 15:03 WIB
Jokowi-Prabowo Mesra, Pengamat: Pesannya Agar dalam Pilpres Tak Terlalu Fanatik
Jokowi-Prabowo Mesra, Pengamat: Pesannya Agar dalam Pilpres Tak Terlalu Fanatik
A A A
JAKARTA - CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebut banyak pesan yang tersirat dari pertemuan Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi di Yogyakarta awal tahun baru 2020 lalu.

Menurut Pangi, meski Prabowo berdalih kedatangannya menemui Jokowi hanya silaturahmi biasa dan momentum menyampaikan laporan kinerja bawahan terhadap atasan, namun ada pesan politik yang sampai kepada masyarakat.

"Boleh jadi ingin menyampaikan pesan dekat kedekatan dan hubungan istimewa/khusus antara Jokowi dengan Prabowo," kata Pangi saat dihubungi Sindonews, Kamis (2/1/2020).

Selain itu, kata Pangi, pertemuan dua tokoh ini juga ingin menunjukkan bahwa persaingan telah usai dan tidak boleh ada lagi keterbelahan publik. Sehingga, ini mengisyaratkan bagaimana pesan persatuan dan tidak boleh ada konflik di akar rumput, sudah tidak boleh lagi ada baper dan fanatik terhadap dukungan.

"Jadi isyarat Jokowi jelas jangan dilanjutkan lagi keterbelahan dukungan yang potensi anti Jokowi masih berasa di bawah, dengan masuknya pesan ini selesai gesekan di bawah," ungkapnya.

Dalam hal ini, Pangi menegaskan bahwa pesannya sederhana agar dalam Pilpres tidak boleh terlalu fanatik. Karena dalam politik hal yang lumrah lawan politik yang pernah berkontestasi, namun setelah pilpres usai, kontestan yang kalah bergabung ke koalisi pemerintah.

Menurut dia, setidaknya pertemuan Jokowi dan Prabowo bisa menjadi pembelajaran penting bagi pemilih di Indonesia.

"Jokowi dan Prabowo secara tidak langsung sudah memberi pembelajaran dan penting kedewasaan dalam politik, tahu saat bersaiang dan paham kapan harus bersatu, Prabowo berjiwa besar dan mau membantu dengan bergabung dengan pemerintahan Jokowi," tandasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4376 seconds (0.1#10.140)