alexametrics

Bencana Banjir, Kemendagri Minta Pemda dan Masyarakat Saling Bantu

loading...
Bencana Banjir, Kemendagri Minta Pemda dan Masyarakat Saling Bantu
Kapuspen yang juga Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, berempati kepada seluruh masyarakat yang terdampak banjir dan longsor. (Foto/Dok/Pribadi)
A+ A-
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang juga Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar, menyampaikan rasa empati kepada seluruh warga masyarakat yang terdampak banjir dan longsor di beberapa daerah, seperti Jakarta dan sekitarnya.

"Kami mewakili Keluarga Besar Kemendagri dan BNPP turut berempati kepada warga masyarakat yang terdampak banjir dan longsor di beberapa daerah," ujar Bahtiar di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Untuk itu, Kemendagri telah meminta seluruh aparat Pemerintah Daerah (Pemda) dan Intansiterkait, termasuk masyarakat untuk saling membantu dan saling mendukung dalam proses evakuasi.



"Mari saling bahu-membahu dan bergotong royong membantu warga yang terdampak. Saat ini proses evakuasi dan tindakan penyelamatan warga menjadi prioritas utama," kata Bahtiar.

Kemudian, Bahtiar juga berharap agar masyarakat dan aparatur pemerintah dapat membagikan informasi yang tepat dan benar mengenai posko bencana yang telah disiapkan Pemda dan instansi terkait.

"Seluruh saluran informasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk berbagi, termasuk media sosial instansi pemerintahan. Supaya informasi yang beredar kepada masyarakat tepat," kata Bahtiar.

Lebih lanjut sebagai langkah antisipasi, Bahtiar meminta masyarakat agar terus memantau informasi cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Informasi itu perlu untuk kesiapsiagaan masyarakat ke depan," tandas Bahtiar.

Tak lupa, Bahtiar mengingatkan agar masyarakat terus waspada dan mengantisipasi dari setiap tindakan orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kesempatan. "Untuk itu, mari kita bersama-sama tetap menjaga keamanan lingkungan," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak